Categories
Tulisan

Jawa Tengah CityView

“Saya minta bisa melihat Jawa Tengah dari layar monitor saya. Kamu ambil referensi dari EarthCam dan JakartaCityView

Yak.. itu adalah tugas yang sudah beberapa bulan yang lalu di kasih ke aku. Tepatnya aku masih belum ada sebulan ngantor di Telkom. Waktu itu aku masih buta sama sekali bikin aplikasi website seperti itu. Yaa tau sendiri khan, sebagai mantan network engineer gadungan yang balik jadi web developer abal-abal pasti hal beginian nggak ada didalam bayanganku sama sekali.

Awalnya aku kira bakalan bikin seperti Youtube, tapi ternyata bukan. Karena ternyata ini memanfaatkan teknologi IP-Camera (bukan CCTV) yang dipasang di titik-titik tertentu di area Jawa Tengah dan DIY, dimana kamera itu tersambung dengan Internet (Speedy) trus nanti ip addressnya aku remote di server jadi bisa tampil di layar monitor.

Apa waktu itu aku langsung mbikin? jawabannya adalah : ENGGAK!!

Yang ada cuma muka pucet, bingung, nggak doyan makan, dan nggak doyan mandi. Membayangkan dalam beberapa hari kedepan aku akan dipecat dari Telkom karena nggak bisa mbikin website yang diminta. Hehehe..

Untunglah.. nggak sengaja aku nemuin pencerahan yang mengubah jalan pikirku. Dari yang tadinya berpikir rumit, ribet, sulit, dan ruwet.. Berubah jadi berpikir yang simpel dan efisien. And it’s work!

Akhirnya.. tepat 5 hari sebelum liburan Lebaran tahun 2008 yang lalu, JatengCityView resmi diluncurkan. Saat itu sudah bisa mensupport 20 titik lokasi di Jawa Tengah dan DIY dimana kamera-kamera itu terbagi menjadi 5 wilayah di Semarang, Solo, Yogyakarta, Pekalongan, dan Purwokerto.

Sekarang kerangka dasar sudah jadi. Tinggal upgrade tampilan dan penambahan modul-modul baru. Apalagi JatengCityView di desain masih pake Tabel (tahun 2008 masih pake tabeell??), nah daripada dipisuhi sama kalian, makanya proses ganti themes ini lagi dalam proses.. Sembari mbikin fitur baru..

Mohon maaf jika akhir-akhir ini ada beberapa kamera yang mati. Hal ini diluar kemampuan saya..

*alesyan*

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *