Upgrade Kernel Mandriva 2007 ke 2.6.18.1

Semalem akhirnya bisa juga upgrade kernel Mandriva 2007 menjadi versi 2.6.18.1. Ini cuma masih taraf uji coba aja sih, jadi belom melakukan konfigurasi secara menyeluruh. Lagian ini juga mungkin termasuk “beruntung” karena bisa reboot tanpa dihiasi pesan cantikâ„¢ yang menggetarkan hati semua linuxers hehehehe….

Berhubung nggak ada skrinsyut, maka saya ceritain aja yang aku lakyukan dalam proses upgrade kernel ini ya..

Pertama aku install Linux Mandriva 2007 Free Edition yang aku beli dari Toko Baliwae, proses penginstalan cukup mudah dan sangat user friendly. Yang aku suka adalah proses partisinya, karena udah ada pilihan untuk menyuruh Mandriva membuat alokasi secara otomatis. Trus untuk menginstall semua paket penuh dan hanya memilih desktop KDE aja hanya diperlukan waktu 30-40 menit saja. Ini mungkin bisa beda, karena kebetulan aku make prosesor Intel Pentium 4 – 3.00 Ghz (socket 478) dan RAM 1 GB.

Sebelumnya aku donlot kernel 2.6.18.1 situs Kernel.Org. Jadi setelah penginstalan selesai, aku cukup copy kernel itu ke direktori /usr/src. Kemudian diekstrak, di config, di kompile, dan diinstall. Berikut step-stepnya :

#cp linux-2.6.18.1.tar.bz2 /usr/src/

#tar -jxvf linux-2.6.18.1.tar.bz2

#cd linux-2.6.18.1

#make oldconfig

#make

Nah sampe sini adalah proses kompilasi. Cukup lama lho.. kemaren butuh sekitar 30-40 menit juga untuk kompilasi. Jadi nggak usah buru-buru, pergunakan waktu itu untuk berdoa semoga tidak keluar pesan cantikâ„¢.

Berikutnya adalah membuat file boot. Berhubung aku nggak pengen install ulang lagi misal ada “pesan cantikâ„¢“, maka aku bikin trik sedikit yaitu :

#cd /boot

#cp vmlinuz-2.6.17.2 vmlinuzz

#cp System.map-2.6.17.2 Syteem.map

#cp config-2.6.17.2 confiig

Itu intinya adalah merubah file asli (backup), jadi nanti kalo ada apa-apa nggak usah install ulang lagi.. keliatannya repot ya? maap, aku belom nemuin cara yang lebih baik lagi.. jadi kalo misal ada yang bisa ngasih cara yang lebih baik aku dikasih tau yaa…

Nah, setelah itu bisa melakukan konfigurasi sebagai berikut:

#cd /usr/src/linux-2.6.18.1/

#cp arch/i386/boot/bzImage /boot/vmlinuzz

#make modules

#make modules_install

#cp System.map /boot/Syteem.map

#cp .config /boot/confiig

Sudaaahhhhh… sekarang tinggal edit boatloader aja. Berhubung saya makenya LILO, maka yang di edit ya lilo.conf ya.. buat yang make GRUB tinggal menyesuaikan aja.

#vi /etc/lilo.conf

Tambahkan skrip berikut:

image=/boot/vmlinuzz

root=/dev/hda1 –> sesuaikan dengan partisi root anda

label=Linux-2.6.18.1

read-only

Selesai, sekarang tinggal di reboot. Pada saat booting pilihlah Linux-2.6.18.1 untuk masuk ke Linux. Kalo misalnya nggak ada error, maka anda sudah bisa menikmati kernel baru anda, cek dengan perintah “uname -a” di shell prompt.

Sebenernya ada cara yang lebih cepet lagi, barusan dikasih sama mas z3r0byt3. Ntar aku coba dulu, kalo misal lebih baik nanti aku tulis lagi versi II-nya. Tapi yang jelas untuk postingan ini dah berjalan dengan baik.

Terima kasih buat Xnuxer, SlackX, z3r0byt3 atas artikel-artikelnya.

Published by Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *