Categories
Tulisan

Kehebatan Dari Kata Maaf

Maaf, kata yang terdiri dari 4 huruf ini adalah kata yang sangat manjur apabila kita sedang tersandung masalah. Kata inilah yang sebenarnya yang bisa menghapus semua dendam, permusuhan, kesalahpahaman, kerenggangan hubungan, rasa tidak percaya, dan apapun yang berhubungan dengan masalah hati. Apalagi apabila kata itu diucapkan dengan perasaan tulus ikhlas tanpa berharap apapun.

Sayangnya masih ada juga beberapa pihak yang masih enggan untuk mengucapkan kata simpel ini, bahkan cenderung untuk mengucapkan banyak kata dan kalimat yang nggak perlu, dan akhirnya malah akan memperkeruh suasana. Apa memang lebih suka dengan kata dan kalimat yang banyak serta mendayu-dayu dibandingkan dengan kata maaf yang diucapkan dengan kesungguhan?

Meminta maaf adalah suatu perbuatan yang sungguh sangat membutuhkan keberanian dan kemauan yang tinggi. Meskipun kata maaf hanya terdiri dari 4 huruf saja, namun dalam pengucapannya tidak semudah dalam penulisannya. Rasanya mulai dari sekarang harus belajar mengucapkan kata “MAAF”, tidak hanya menuliskannya saja.

Satu lagi… Saat kita sudah berani untuk mengucapkan kata “MAAF”, jangan terlalu berharap untuk langsung diberikan “MAAF” oleh yang diminta. Karena kita berada dalam posisi peminta, jadi terserah yang diminta, apakah dia mau memberikan maafnya kepada kita apa enggak. Dan jangan marah apabila kita memang belum saatnya diberikan maaf.

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *