Pengalaman Tukar Tambah HP di Tokopedia

Saya baru saja membeli HP dengan metode tukar tambah di Tokopedia, bagaimana pengalamannya?

Secara singkat, menyenangkan!

Terakhir kali membeli HP secara tukar tambah itu kira-kira sewaktu masih kuliah S1, metode tukar tambah saat itu sudah jamak dilakukan bagi orang-orang seperti saya yang pengen bisa ganti HP tapi budgetnya tipis. Jadilah setiap kali beli HP, saya selalu merawat HP, menjaga kemulusannya, sampai menyimpan box dan asesorisnya supaya ketika nanti saatnya tukar tambah, nilainya tidak terlalu jatuh. Kebiasaan ini masih saya lakukan sampai sekarang.

Nah, karena harga HP sudah semakin terjangkau, metode tukar tambah HP sepertinya mulai ditinggalkan. Akibatnya jumlah HP bekas semakin menumpuk dan kalaupun mau dijual, bisa jadi cuma habis di waktu dan parkir aja.

Sebetulnya saya sudah sering lihat label “Tukar Tambah” di aplikasi Tokopedia, hanya waktu itu belum tertarik untuk mencobanya. Kebetulan karena sudah waktunya untuk ganti HP dan kebetulan Xiaomi baru meluncurkan produk barunya, kenapa nggak mencoba tukar tambah saja?

Oke, proses tukar tambah di sini tidak memerlukan kontak fisik atau tatap muka, karena semuanya dilakukan melalui aplikasi Tokopedia. Kita hanya diminta menginstall aplikasi Tokopedia versi terbaru, login, dan mengikuti semua urutannya. Nanti aplikasi akan melakukan pengujian dan memberikan harga taksir untuk HP kita. Kemarin itu HP Oppo F9 saya dihargai 850.000.

Jika saya setuju, maka proses tukar tambah akan dilanjutkan dengan mengurangi total harga dengan nilai taksir HP dan juga menentukan lokasi penukarannya.

Karena saya tinggal di Jogja, maka saya mencoba untuk menggunakan Indomaret sebagai lokasi penukaran. Kebetulan rumah saya dekat dengan salah satu Indomaret di Jalan Wates, jadilah saya pilih Indomaret itu dilanjutkan melakukan pembayaran, kemudian menunggu hingga HP diproses oleh penjual dan dikirimkan oleh ekspedisi.

Saya perlu menunggu 4 hari untuk mendapatkan kabar bahwa HP telah tiba di Indomaret, begitu email notifikasi dan informasi di Tokopedia sudah menyebutkan bahwa saya diminta untuk menukar HP, langkah selanjutnya adalah melakukan format ulang HP dan segera menuju ke Indomaret. Sebagai catatan, cukup bawa HP saja, istilahnya HP batangan saja.

Sesampai di Indomaret, saya bilang ke mbak kasir dengan keyword “Tukar Paket Tokopedia”. Mbaknya langsung paham dan meminta nomor IMEI HP saya. Mbak kasir kemudian melakukan validasi data IMEI ke sistem dan memberikan paket yang berisi HP Xiaomi tanpa ribet, bahkan ditawari dikasih plastik nggak? Hahahah..

Kesimpulannya, program tukar tambah HP di Tokopedia ini keren banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *