Categories
Teknologi

Mencoba Layanan 3G Telkomsel

Dunia 3G Telkomsel

Hehhehehe… mau nyepam lagi ahhh… setelah kemaren ngobrolin tentang Kartu Halo, sekarang gantian layanan baru dari Telkomsel. Yaitu fasilitas 3G yang sudah di launching di beberapa kota. Untuk Semarang sendiri belom ketauan kapan mau di launching. Tapi aku sekarang sudah bisa menggunakan fasilitas 3G sepanjang waktu.

Kenapa? ya karena ternyata Telkomsel menyewa tower Radio Gajahmada FM sebagai BTS untuk transmitter 3G mereka. Dan transmitter itu sudah diaktifkan semenjak hari Senin tanggal 9 Oktober 2006 yang lalu. Jadi bisa dibayangkan khan? secara mejaku deket banget sama towernya, jadi sinyal 3G di hapeku bisa full.

Nah, kemaren sempet nyoba.. apa sih teknologi yang di gembar-gemborkan itu? Pertama aku setting connection untuk browser dan real player. Jadi harus menggunakan settingan yang diberikan oleh pihak Telkomsel agar kita bisa menggunakan fasilitas 3G setelah sebelumnya mengaktifkan layanan 3G. Nah aku kemaren coba nonton kartun yang kualitas gambarnya lumayan selama kurang lebih 45 detik. Daaann tau ndak? ternyata nonton pilem selama itu sudah menghabiskan pulsa sebesar Rp.7000,- (Tujuh Ribu Rupiah). Padahal harga GPRS Telkomsel udah turun jadi Rp. 12,- /kb.

Hauhauehuaheuaha…. kalo gitu, sebaiknya make fasilitas Video Call aja deh, daripada buat nonton tipi ato video yang kualitas pas-pasan trus mahal pula.. Lagian Telkomsel menjanjikan biaya Video Call sama dengan biaya Phone Call. Yah.. mudah-mudahan ini awal kebangkitan Teknologi di Indonesia.

nb: XL juga masang transmitter 3G-nya di tower Radio Gajahmada juga lhoo.. 😛

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *