Bagaimana cara klaim asuransi mobil autocillin?
Ceritanya awal Maret 2020 lalu, mobil saya disundul dari belakang oleh pengendara motor saat sedang berhenti di lampu merah pertigaan ringroad Jalan Wates. Karena kondisi macet, si mas-mas penabrak itu bisa kabur dan tidak bertanggung jawab atas perbuatannya.
Kesel? Pastinya…
Sesampai di rumah, saya cek kondisi mobil, ternyata sukses bikin bemper belakang pecah kecil. Sebetulnya tidak terlalu terlihat, bahkan istri saya juga bilang untuk dibiarkan saja, toh tidak akan yang menyadari. Hanya saja terasa sayang saja, karena kondisinya sudah tidak sempurna hahaha.
Kebetulan saya sempat beli asuransi mobil di Traveloka sehari setelah mobil diantar ke rumah. Jadilah saya coba mengurus proses klaim ini secara virtual.
Ternyata, sangat mudah!
Pertama, saya perlu menginstall aplikasi Autocillin di smartphone, kemudian mengisikan profil beserta nomor polis yang dimiliki. Selanjutnya foto beberapa bagian mobil, terutama bagian yang mengalami kerusakan. Setelah itu tinggal kirim saja klaimnya melalui aplikasi dan tunggu proses berikutnya.
Besok paginya, saya dikontak oleh Mas Anton, petugas dari Autocillin untuk melakukan verifikasi klaim saya. Cepat juga ternyata responnya, ini sangat bagus!
Mas Anton ini sangat membantu saya dan bersedia untuk dihubungi kapan saja jika membutuhkan bantuan. Saya dihubungkan oleh Mas Anton ke bengkel yang akan menangani kerusakan mobil, yaitu bengkel GT Auto Jogja.
Berhubung saya menggunakan mobil merk Suzuki, yang ternyata tidak memiliki bengkel resmi khusus asuransi di Jogja, maka saya bersedia untuk memasukkan mobil ke GT Auto. Sebetulnya Mas Anton sudah menyarankan untuk membawa ke bengkel resmi Suzuki di Semarang, namun karena kendala waktu, akhirnya saya setujui untuk diperbaiki di bengkel GT Auto.
Esok harinya, saya sudah berkontak dengan GT Auto mengenai klaim perbaikan mobil. Awalnya saya diminta datang membawa mobil untuk cek fisik dan administrasi. Saya bilang, saya sudah melakukannya via aplikasi. Ternyata data aplikasi belum tersinkronisasi dengan sistem bengkel, jadinya saya cukup diminta mengirimkan foto-foto yang sudah saya kirimkan via aplikasi.
Sore harinya GT Auto mengabari proses klaim sudah diterima, dan akan memesankan sparepart yang saya perlukan. Wow, cepat sekali prosesnya dan saya tidak perlu membawa mobil saya ke bengkel. GT Auto memberi ancang-ancang 1 minggu untuk proses pemesanan, jadi saya masih bisa menggunakan mobil untuk keperluan sehari-hari.
Benar saja, seminggu kemudian GT Auto mengabari bahwa sparepart sudah datang, namun malah saya yang belum selo untuk mengirim mobil ke bengkel. Jadinya malah saya yang minta penundaan waktu dan disepakati hari Kamis, 19 Maret 2020.
Hari Kamis pagi saya bawa ke bengkel, langsung diterima oleh petugas. Selanjutnya proses serah terima dan pengecekan awal, kemudian saya diberi dokumen tanda terima. Dijanjikan hari Senin bisa diambil mobilnya, alasannya standar perbaikan adalah 3 hari. Oke, tidak masalah.
Sore harinya, saya dikontak oleh bengkel bahwa sparepart sudah dipasang dan besok bisa diambil! Wooww.. cepat sekali! Besok paginya saya datang ke bengkel, cek mobil, mengurus dokumen serah terima, membayar biaya 300.000, kemudian mobil boleh dibawa pulang.
Kesimpulan saya, berhati-hati di jalan raya itu penting, tapi terkadang orang lainlah yang kurang berhati-hati. Lindungi kendaraan Anda dengan asuransi supaya apabila ada kejadian, tidak perlu marah-marah dan malah menambah masalah. Memang sih saya perlu membayar 300.000 untuk proses klaim ini, namun ini lebih baik daripada saya membayar sendiri untuk pembelian sparepart beserta ongkos jasa bengkelnya.
wait. pake asuransi tapi masih membayar 300 ribu? terus asuransinya untuk apa? ini aku serius nanya 🤔
yes, jadi di asuransi kendaraan itu ada biaya resiko sendiri, ini dibayarkan saat klaim selesai diproses. Mungkin biaya ini diadakan supaya orang “nggak terlalu sering” claim hahaha..
nah, asuransinya cover untuk semua kerusakan. Contohnya kemarin untuk sparepart itu diganti baru, trus sekalian dipasangin.
Apakah spare partsnya Suzuki Genuine spare parts atau produk OEM?
saya sih nggak cek sampai situ mas, tapi dari GT Auto bilang itu SGP.
waaah lumayan juga yaa…lebih hemat pake asuransi
betul, jadi mengurangi pengeluaran