Masalah Artikel di X-Code Magazine

Tadi pagi aku barusan donlot X-Code Magazine. Ini adalah seperti EZINE yang dikelola oleh E-C-H-O, tapi ini yang mengelola adalah Yogyafree. Nah aku baru tau kalo Yogyafree sudah meluncurkan X-Code Magazine hari ini, padahal dari artikel yang aku baca ternyata sudah diluncurkan tanggal 5 Agustus 2006 lalu.Trus apa masalahnya? Sebenernya aku termasuk salah satu dari penulis artikel yang ada di X-Code Magazine itu. Bisa dilihat juga di situsnya Jasakom. Tapiii yang jadi masalah adalah, kenapa pada saat artikelku diterima kok nggak ada kabar-kabari dari staff Yogyafree? setidaknya ngasih selamat atau ngasih tau kalo artikel yang aku tulis akan dimuat di X-Code Magazine seri 3 ini.

Trus yang kedua adalah, nama penulisnya BUKAN NAMAKU. Padahal tulisannya sama persis seperti yang ada di blog-ku. Nama yang ada di X-Code Magazine ini bernama Yogie (Korido). Lah.. siapa lagi tu Korido? Nickname-ku dimanapun tu Ple-Q. Kalo caranya gini khan bisa menimbulkan salah kaprah yang beragam. Bisa jadi akan muncul tuduhan copy-paste artikel.

Aku tu nulis gini bukan karena apa-apa. Ok lah postinganku dimasukkan kedalam blog orang seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. Tapi tolong penulisnya disebut. Ini bukan bermaksud narsis, tapi lebih ke penghargaan atas hasil karya seseorang. Dan biasakan kepada orang lain, bila ingin mengutip sesuatu, tampilkan sumbernya. Lha wong bikin skripsi aja harus nulis sumber beserta Daftar Pustakanya… 🙁

Update:
Jam 13:27 tadi aku dapet balesan e-mail dari staff Yogyafree. Pada intinya isinya permintaan maaf, dan mereka berjanji akan membuat X-Code Magazine Second Edition untuk merevisi hal ini. Berikut isi e-malnya :

Maaf ada kesalahan penulisan, kami secepatnya akan merilis X-Code Magazine No. 3 Second Edition, sekali lagi kami mohon maaf sebesar-besarnya ttg hal ini, karena hal ini maka utk yang akan datang kami akan merilis X-code Magazine BETA yang dimana para penulisnya dapat melihat sendiri versi BETAnya, dan memeriksanya jika ada kesalahan penulisan.

Terima kasih sekali atas koreksinya

Kalo misalnya X-Code Magazine yang hasil editan sudah dikeluarkan, maka postingan ini baru aku ralat judulnya.. 🙂

Leave a Reply