Wikimapia, Web-Based Google Earth

Udah pada pernah memakai Google Earth? asik ya kalo bisa make itu? kita bisa menelusuri negara, kota, daerah, bahkan apapun yang ada di dunia ini. Seakan-akan kita terbang diatasnya, dan bisa melakukan zooming hingga sedekat mungkin. Wah.. enak bener tuh..

Iya, emang enak.. tapi khan kalo make itu bandwith yang dibutuhkan sangat gede? jawabannya BETULL!! aku ngerasain sendiri pas coba di kantor.. Ya olohh.. bisa lelet semuaa.. nah aku nggak bisa bayangin kalo yang make adalah user yang make koneski dial-up, seperti Telkomnet Instan. Bisa-bisa tagihan melonjak cuma untuk melihat simpang lima aja!!

Waahh.. trus gimana dong? Nah, sekarang udah ada Wikimapia. Apa sih Wikimapia itu?

WikiMapia is an online map resource that combines Google Maps with a wiki system, allowing users to add information (in the form of a note) to any location on the globe. Created by Alexandre Koriakine and Evgeniy Saveliev, the project was launched on May 24, 2006 and is aiming towards “describing the whole planet Earth“.

Nah, dengan Wikimapia itu, kita bisa melihat semua yang ada di bumi, dan daerah itu sudah tersimpan di database Wikimapia tentunya. Untuk percobaa yang saya coba untuk daerah Semarang dan sekitarnya bisa memberikan hasil yang cukup memuaskan. Apalagi dengam fasilitas kita bisa meng-edit keterangan yang ada dan menambah tempat yang belum tersedia disana. Bukankan ini sama dengan wikipedia? Yup anda benar!!

Gambar diatas adalah gambar kondisi Simpang Lima Semarang. Keren juga khan? nah ternyata, Wikimapia mengijinkan kita untuk memasukkan gambarnya kedalam web atau blog kita. Jadi kita nggak perlu untuk melakukan croping dan upload ke dalam server kita. Gimana caranya??

How to add a Google Map to any web page in 30 seconds.

1) Go to WikiMapia.org site and find a part of the map that you need.
2) Click WikiMapia at the top right corner and choose map on your page link.
3) Move and resize frame you see to desired view, adjust view setting if needed and copy given html code to your page or blog.

Tips diatas diambil dari Wikimapia Blog

Okeh.. gimana? tertarik? keren juga khan? nah, makanya tunggu apalagi. Segera arahkan browser anda ke website Wikimapia…

Tinggalkan Balasan