Wisuda Itu Untuk Orangtua

wisuda-s2

Akhirnya, selesai juga kuliah 5 tahun untuk meraih gelar master. Iya tanggal 14 Agustus 2014 lalu, saya resmi diwisuda sebagai Master of Computer Science (M.Cs) di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. Senang? Tentu saja, tapi saya justru lebih senang ketika melihat ekspresi kedua orangtua saya ketika saya menggunakan toga. Saya merasa bahwa mereka bangga kepada saya dan ditunjukkan dengan caranya masing-masing.

Bagi saya, wisuda adalah akhir dari kuliah yang memakan waktu, tenaga, uang, dan pikiran. Rasanya senang saja bahwa saya tidak akan dikejar-kejar lagi oleh kampus untuk segera lulus, tidak lagi ditagih oleh bagian keuangan untuk selalu membayar SPP tiap semester. Namun, bagi kedua orangtua saya ini berbeda. Wisuda merupakan salah satu pencapaian bagi mereka yang mampu mengantarkan anaknya untuk mencapai jenjang pendidikan tertinggi.

Saya pernah membaca pepatah, Wisuda itu bukan untukmu, tapi untuk orangtuamu. Pepatah ini benar adanya, membanggakan orangtua itu mudah, cukup selesaikan apa yang kita mulai.

Leave a Reply