Categories
Teknologi

Bersihkan Laptop Supaya Sehat

158595506

Saya menggunakan laptop Asus N43SL yang dibeli pada awal tahun 2011. Laptop ini sudah menemani saya dalam berbagai kesempatan, seperti mengajar, jadi pembicara, bikin thesis, hingga bermain game. Performa laptop ini cukup memadai untuk menjalankan program yang saya butuhkan, apalagi setelah upgrade RAM menjadi 8GB bikin laptop ini semakin mantap untuk dibuat ngegame. Hingga akhirnya beberapa bulan terakhir ini performanya tiba-tiba menurun.

Bermula dari upgrade OS menjadi Windows 8 dilanjutkan Windows 8.1. Performa laptop menjadi drop, dengan ciri-ciri respon menjadi lambat, cepat panas bahkan cenderung overheat, kipas berisik, dan kalo dibuat ngegame jadi patah-patah. Analisis awal karena masalah driver yang tidak kompatibel, soalnya Asus N43SL ini didesain hanya menggunakan Windows 7. Namun setelah saya downgrade lagi menjadi Windows 7, masalah tidak hilang bahkan cenderung menjadi lebih parah. Game sekelas Counter Strike saja bisa ngelag! Ini tentunya sebuah penghinaan! Hahahaha..

Penasaran, kemudian saya mencari jawabannya di berbagai forum. Rata-rata pada bilang driver dan kipas yang kotor. Saat itu saya hanya memperhatikan masalah driver, bukan masalah kipas yang kotor. Ternyata, setelah mencoba berbagai macam driver selama berbulan-bulan, masalah utama laptop ini adalah dari kipas yang kotor, tidak hanya itu ternyata saya melupakan masalah pasta. Iya, sejenis gel yang melapisi prosesor dan kartu grafis supaya tidak mengalami overheat. Nah, saya yakin pasta dan kotornya kipas menjadi masalah utama, sehingga perlu dibersihkan segera.

Kebetulan pas saya di Jogja seminggu yang lalu, saya melihat ada tukang servis laptop di sekitar kosan. Ya sudah, saya masukkan saja kesana dan dicharge IDR 130.000. Dugaan saya benar, setelah dibersihkan dan mengganti pasta, sekarang performa Asus N43SL saya kembali semula dan semakin khusyuk dibuat ngegame hehehe…

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *