Membeli Emas di Pegadaian Syariah

Sebelum membaca lebih lanjut, postingan ini bukan mengenai cara menabung emas ataupun berkebun emas yang lagi marak belakangan ini. Ini pengalaman saya untuk memulai membeli emas batangan dengan biaya terjangkau.

Emas sudah digunakan sebagai barang investasi semenjak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Nilainya yang kebal akan inflasi dan cenderung naik setiap tahunnya membuat orang-orang yang menyukai investasi akan melirik emas sebagai objeknya. Apalagi perawatan emas cukup mudah dan bisa digunakan juga sebagai perhiasan.

Saya tertarik untuk berinvestasi emas sudah sejak beberapa tahun yang lalu, tapi hanya yang emas batangan saja. Entah kenapa saya gak tertarik dengan perhiasan emas. Selain gak bisa milih, perhiasan emas juga kurang bagus kalo dibuat untuk investasi. Masalahnya, harga emas batangan sangat mahal jadinya keinginan untuk membeli emas batangan jadi tertunda.. sampai kemarin.

Jadi hari Senin kemarin, tgl 16 Januari 2012 saya baru saja membeli 10gram emas di Pegadaian Syariah secara kredit selama 6 bulan. Kredit? enak banget!

Seminggu sebelumnya, saya baru tau kalo kita bisa membeli emas di kantor Pegadaian Syariah atau di Bank Syariah. Saya milih di Pegadaian Syariah aja, karena lebih deket dengan kantor dan menawarkan biaya yang lebih ringan perbulannya.

Nama layanannya adalah MULIA (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi). Saat ini sudah tersedia di semua Pegadaian Syariah. Saya kurang tau apakah Pegadaian konvensional juga menyediakan layanan ini, saran saya sih cari aja yang Syariah, karena memang ini merupakan produknya dia.

Layanan MULIA memfasilitasi masyarakat yang ingin memiliki emas secara kredit. Jangka waktu yang ditawarkan cukup bervariasi. Dari 6 bulan hingga 3 tahun, saya sendiri memilih yang 6 bulan, lagian masnya di Pegadaian bilang untuk emas Antam 10gram, maksimal hanya 6 bulan saja. Untuk ukuran emas yang bisa dicicil juga bervariasi, dimulai dari 5 gram hingga 1000 gram (1kg). Selain itu, syaratnya cukup simpel, cuma butuh fotokopi KTP yang masih berlaku.

Gimana Detilnya?

Perincian pembelian saya per tgl 16 Januari 2012 kemaren adalah :

Harga 10gram emas Antam = Rp. 5.115.000
Keuntungan Pegadaian = Rp. 306.900
Jadi harga yang saya terima adalah = Rp. 5.421.900

Selain itu masih ada Biaya Administrasi Rp. 50.000 dan Ongkos kirim Rp. 17.276

Nah, Pegadaian Syariah menetapkan kita harus membayar DP sebagai Akad Kredit sebesar 30% dari harga, jadi kemaren saya membayar Rp. 1.694.000

Kemudian untuk cicilan per bulan adalah Rp. 632.500 selama 6 bulan. Nah uniknya, Pegadaian Syariah membebaskan membayar cicilan tanggal berapapun selama belum berganti bulan. Jadi misalnya saya membayar tgl 28 Februari 2012 pun gak papa, asal belum berubah jadi bulan Maret.

Gimana? simpel khan? Jadi saya tinggal menyisihkan 600ribuan perbulan untuk menyicil emas. Sebuah investasi yang menurut saya lebih menguntungkan daripada untuk belanja barang elektronik yang nilainya semakin turun.

Kalo pengen tau detil simulasinya, bisa kontak saya via YM. Nanti tak bantu hitungkan buat persiapan sebelum jalan ke Pegadaian Syariah.

Update !!

Hari Jumat, tanggal 27 Juli 2012 akhirnya angsuran emas saya sudah selesai. Pada saat pelunasan rupanya emas sudah siap diambil, jadinya begitu semua administrasi di selesaikan, tanda tangan di surat ini-itu, emas 10gram lengkap dengan sertifikatnya langsung bisa saya bawa pulang. Prosesnya cepat dan sangat mudah. Sudah saya tulis juga disini.

Link terkait :

Leave a Reply