Categories
Teknologi

Metode Pembayaran Online Selain Paypal

Dimuat di Harian Suara Merdeka, Minggu 20 November 2011.

Mungkin dari sebagian dari Anda sudah mengenal Paypal, suatu alat pembayaran transaksi di Internet yang sangat populer di seluruh dunia. Sebagian besar pengguna Internet di Indonesia juga sudah memanfaatkan Paypal sebagai metode pembayaran dan menerima uang yang bisa dikoneksikan dengan berbagai bank-bank lokal di Indonesia.

Pemanfaatan Paypal inilah yang membuat transaksi jual-beli online di Indonesia meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Penjual dan pembeli merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi dengan siapapun di seluruh dunia. Transaksi menggunakan mata uang Dollar Amerika sudah biasa dilakukan. Selain itu Paypal juga bisa memproses pembayaran dengan kartu kredit. Paypal menawarkan keamanan yang lebih dalam setiap pemrosesan transaksi.

Namun perlu Anda ketahui, Paypal sebetulnya hanyalah salah satu dari berbagai macam layanan pembayaran online. Selain Paypal, masih ada beberapa layanan yang serupa yang menawarkan kualitas yang sama. Itulah yang akan kita bahas kali ini, yaitu Moneybookers (Skrill) dan Payoneer.

Moneybookers

Kantor layanan ini berpusat di Inggris, sehingga cukup populer digunakan disana. Walaupun begitu mata uang yang digunakan tidak hanya Poundsterling saja. Anda dapat mengunjungi website ini di alamat http://moneybookers.com. Nantinya Anda bisa membuat akun atau login ke dashboard Anda.

Anda tidak dipungut biaya untuk mendaftar di Moneybookers, hanya saja nantinya Anda harus memenuhi syarat verifikasi yang berguna untuk menaikkan limit transaksi Anda di Moneybooker. Beberapa cara untuk melakukan verifikasi bermacam-macam, antara lain dengan memasukkan nomor kartu kredit Anda ke akun Moneybooker, sama seperti yang dilakukan di Paypal.

Bagaimana dengan yang tidak memiliki kartu kredit? Jangan khawatir, penulis telah mencoba metode verifikasi berdasarkan alamat. Jadi nanti kita akan dikirimi surat yang akan sampai ke rumah dalam waktu 2 – 3 minggu. Di dalam surat tersebut terdapat kode yang harus dimasukkan ke dalam dashboard Moneybooker untuk melakukan verifikasi data.

Sebelum melakukan verifikasi tersebut, kita tidak bisa melakukan pencairan dana yang tersimpan di Moneybookers. Nantinya jika sudah terverifikasi, kita bisa cairkan dana tersebut ke bank-bank lokal yang ada di Indonesia, mirip dengan Paypal.

Tahun 2012 mendatang, MoneyBookers akan berubah nama menjadi Skrill, ini sudah ditegaskan oleh pemilik Moneybookers dengan tujuan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan yang lebih baik.

Payoneer.

Payoneer merupakan layanan pembayaran yang cukup unik. Payoneer tidak melayani pendaftaran di website resminya http://payoneer.com, melainkan kita harus terdaftar terlebih dahulu sebagai member di perusahaan rekanan Payoneer seperti Freelancer.com, Text-Link-Ads.com, dan lain sebagainya.

Pada saat Anda sudah menjadi member di website rekanan tersebut, dan Anda sudah mulai menghasilkan uang dari sana, nantinya Anda akan ditawari metode pembayaran dengan Payoneer. Jadi disini kita tidak bisa mendaftar aktif sebagai member Payoneer, tapi menunggu hingga ditawari oleh administrator.

Keuntungannya adalah, nanti kita akan mendapatkan kartu debit berlogo MasterCard yang berfungsi sama seperti kartu debit yang diterbitkan oleh bank-bank lokal. Kartu tersebut akan dikirimkan langsung ke rumah dan harus diaktifkan melalui dashboard Payoneer, barulah kartu tersebut siap digunakan.

Misalnya untuk belanja dengan cara menggesekkan di mesin EDC kasir, menarik uang di semua ATM berlogo MasterCard, atau untuk belanja online yang membutuhkan nomor kartu kredit Anda.

Walaupun mata uang yang digunakan adalah Dollar Amerika, namun Payoneer akan menyesuaikan dengan mata uang Rupiah setiap melakukan transaksi.

Berapa biayanya? Untuk biaya pendaftaran gratis, karena memang tidak ada pendaftaran. Hanya saja nantinya kita akan dibebankan biaya maintenance sebesar $3 per bulan, kemudian ada potongan $2 setiap kita memasukkan dana ke kartu Payoneer.

Kesimpulan

Layanan pembayaran online saat ini cukup beragam, kabar baiknya adalah Indonesia sudah diterima untuk menggunakannya. Kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam keperluan.

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *