Categories
Teknologi

Nyetting Hotspot Di Rumah Pejabat

Kemaren sore (Rabu, 4 Juni 2008) aku dimintai tolong sama teman, sebut saja Mardi untuk nyetting hotspot dirumah pejabat. Sebelumnya dia udah nanya-nanya dulu tentang gimana sih caranya untuk nyetting hotspot. Berbekal pengalaman nyetting hotspot di rumah pas buat acara ulang tahunku tempo hari, aku ngasih taunya ya setauku aja.

Tapi ternyata Mardi kesulitan untuk nyetting hotspotnya, padahal langkah-langkah yang aku itu udah gampang, tapi kok masih gagal juga ya? Nah makanya mau gak mau aku harus tangani sendiri, dan artinya aku harus kerumah sang pejabat itu. Aku cuma tau kalo nama pejabat itu adalah Pak Mahfud, tinggalnya di depan pom bensin Manyaran.

Begitu jam kantor selesai, langsung aja aku meluncur ke Manyaran dan nongkrong di Pom Bensinnya. Setelah telpon Mardi dan kemudia masuk ke rumah sang pejabat itu… Aku baru nyadar kalo itu rumahnya Pak Mahfud Ali, Wakil Walikota Semarang periode ini.. Walaaahhhhh……

Singkat kata, setelah kenalan dengan ajudan pak Mahfud, sebut saja bernama mas Agus. Kita bertiga langsung masuk ke dalem rumah. Setting AP pake laptop hasilnya ok. Tapi begitu dicolokin ke switch kok nggak konek? Di ping pun ga bisa, padahal IP Address udah satu class. Wahh.. ada yang nggak beres nih..

Liat-liat konfigurasi jaringannya.. Ternyataaa.. Aneh. Intinya switch itu bukan untuk membagi koneksi antara server dan client, karena server dan client sendiri dihubungkan secara peer2peer. Switch itu digunakan untuk internet dan fax. Pantesyaann.. mau digimanain pun ya gak bakalan konek, tiwas aku utak-atik AP-nya sampe pusying.

Akhirnya bikin inisiatif rebuild jaringan secara darurat. Kabel peer2peer di server aku cabut, trus tak ganti buat kabel AP. Nah, untuk client aku pasangin USB Wifi yang kebetulan dah dibeli sama mas Agus. Dan jreengg.. hotspot sudah ready di rumah pak Wawali.

Ada pengalaman baru yang aku dapatkan kemaren, yaitu cara untuk ngereset AP secara manual. Saya caranya cuma pencet tombol reset yang ada di belakang AP, tapi udah bolak-balik aku pencet kok nggak mau reset. Akhirnya aku telpon Lowo, soale kemaren skripsi dia ada hubungannya tentang AP.

Ternyataa caranya gampang. Tombol reset dipencet, trus ditahan lama. Nah, kemudian kabel power dicabut trus dipasang lagi, baru tombol resetnya dilepas. Jadi pas ngelepas kabel power dan memasang kabel powernya itu, tombol reset masih dalam posisi dipencet. Ilmu baruuu… *ndeso*

Hihihihihi.. kerjaan yang seharusnya cuma 5 menit itu akhirnya molor jadi sejam. Tapi enaknya kita ditraktir makan SeaFood sama mas Agus, tengkyu mas!

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *