Hati-Hati Dengan E-Bay Negative Feedback Scam

Bagi Anda yang sering bertransaksi di E-Bay pasti sering mendengar istilah Negative Feedback. Itu adalah sebuah parameter yang dimiliki oleh setiap member E-Bay yang menunjukkan kualitas dia di forum jual-beli online terbesar di dunia. Anda akan dicap sebagai pembeli yang baik bila memiliki nilai Positive Feedback lebih banyak dibandingkan Negative Feedback, uniknya poin tersebut tidak diberikan oleh E-Bay, melainkan oleh member lain yang pernah bertransaksi dengan Anda. Canggihnya lagi, nilai Feedback itu juga yang menentukan tingkat kepercayaan seseorang / member lain terhadap Anda.

Sebagai member yang baik, sebaiknya kita jangan sampai mendapatkan nilai Negative Feedback dari siapapun, artinya kita juga harus konsisten dengan tindakan kita di E-Bay. Misalnya dengan mengantarkan barang pesanan bila si pembeli sudah membayar, atau segera membayar bila kita memenangkan bid / lelang yang setiap saat diselenggarakan disana.

Apa itu E-Bay? Sebetulnya E-Bay hanyalah sebuah website yang menyediakan tempat untuk bertransaksi. Jumlah membernya sudah mencapai angka jutaan dari seluruh dunia, artinya Anda bisa bertransaksi dengan mereka semua tergantung dengan apa yang akan Anda tawarkan. E-Bay memiliki banyak aturan, seperi kewajiban menggunakan metode pembayaran melalui Paypal untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi.

Jadi ceritanya tu barusan pagi ini aku dapet email dari orang, sebut saja dia bernama LESLIE GAVIN <themeister@live.com>. Tambahkan email tersebut dalam list spammer Anda, dia komplain kenapa kok barang yang dia pesan blom dikirim, trus dia juga bilang kalo udah bayar. Dia tidak menyebutkan nama barang yang dia pesan, hanya sekedar memberikan url yang tertulis menuju ke halaman E-Bay.

Tentu saja aku kaget, ha wong satu-satunya jualanku di E-Bay cuma jasa, bukan njual barang. Pas aku klik linknya dia tidak langsung mengarah ke halaman barang yang dipesan melainkan disuguni form login yang mirip dengan halaman login E-Bay. Padahal sebenernya link tersebut mengarah ke halaman lain, yaitu ke http://oebin.com/v/payd.html. Pas aku cek sepertinya udah ketauan kalo itu web phising.

Nah, seandainya ada orang panik membaca email komplain itu, dan langsung memasukkan username+password di form login jadi-jadian itu, seketika itulah akun E-Bay akan tercuri, atau istilahnya kena hack.

Jadi, misalnya Anda mendapatkan email apapun dari orang, kemudian di isi email tersebut terdapat link menuju ke halaman lain, jangan langsung percaya apalagi trus memasukkan data-data penting disana. Pastikan Anda memastikan bahwa link yang diberikan itu penting, kalo merasa gak penting ya gak usah dibuka. Melindungi diri dari sergapan hacker / cracker itu cukup mudah, yaitu waspada.

Published by Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *