Categories
Teknologi

Speedy Protector, AntiVirus Gak Pake Mahal

Persaingan antar Internet Service Provider (ISP) sudah mencapai puncaknya, setiap operator telekomunikasi di Indonesia sudah mulai serius untuk bermain di layanan data. Pasar Indonesia yang masih cukup terbuka membuat semua operator berlomba-lomba mengemas dagangan mereka untuk merebut hati ceruk pasar pengguna Internet di tanah air.

Telkom yang merupakan pemain lama di bidang telekomunikasi di Indonesia tidak mau ketinggalan untuk mengamankan posisinya sebagai penguasa layanan data dan suara. Salah satunya adalah melalui produk andalan mereka yaitu Speedy. Layanan Internet ADSL ini seakan tidak memiliki pesaing di level yang sama, walaupun layanan Internet Mobile sudah merajalela, namun pengguna Speedy tidak berkurang, malah bertambah.

Maka dari itulah Telkom memberikan layanan tambahan sebagai pelengkap kenyamanan pelanggannya, dan langkah yang diambil Telkom cukup jitu yaitu memberikan tambahan layanan keamanan.

Virus, merupakan musuh besar pengguna komputer. Sudah banyak cerita memilukan yang disebabkan karena serangan virus. Masalahnya sebagian besar penyebab datangnya virus itu adalah kesalahan dari pengguna sendiri. Sering bertukar data sembarangan, tidak menggunakan pengaman, dan sering berganti-ganti perangkat. Kok mirip-mirip sama penyebab penyakit HIV yah?

AntiVirus adalah serum bagi virus. Seperti halnya makhluk hidup, komputer juga membutuhkan program AntiVirus untuk membantu menangkal serbuan virus yang bisa membahayakan kesehatan komputer. Saat ini sudah banyak tersedia bermacam-macam program AntiVirus, Anda bisa memilih dari yang gratisan atau yang berbayar. Tentunya produk yang berbayar akan memberikan hasil yang lebih baik daripada yang gratisan, terutama dari layanan update.

Speedy Protector adalah produk AntiVirus yang dikeluarkan oleh Telkom bagi pengguna Speedy. Saya sempat mencoba trial AntiVirus ini sebelum dilaunching ke masyarakat luas. Saat itu Speedy Protector hanya ditujukan kepada pelanggan Speedy saja, karena sistem aktivasinya menggunakan nomer Speedy. Namun sepertinya sekarang pengguna Non-Speedy juga bisa menikmati produk ini hanya dengan membeli voucher Speedy Prepaid.

Speedy Protector ini dikembangkan menggunakan engine Ahnlab 365 Clinic. Entah apa yang mendasari Telkom untuk memilih engine ini, karena saya tidak berhasil menemukan dokumentasi atau review mengenai Ahnlab, baik itu review positif atau negatif.

Dari website resmi Speedy Protector, AntiVirus ini memberikan layanan yang cukup tangguh; yaitu :

  • Malicious Code Prevention and Treatment
  • Network Intrusion Prevention and Treatment
  • Complete Deletion to Protect Personal Information
  • Management Functions for PC Optimization

Jadi intinya Speedy Protector ini melindungi komputer kita dari serangan berbagai macam virus, serangan penyusup, pencurian data, dan optimasi komputer. Cukup lengkap untuk produk Antivirus seharga 10 ribuan per bulan ini.

Cuma 10 ribu? Betul !! Untuk menggunakan produk ini Anda hanya cukup menyiapkan dana sebesar 10 ribu rupiah per bulan. Cukup murah dibandingkan yang saya gunakan. Sebagai perbandingan, saya menggunakan Norton Internet Security 2010 dengan harga lisensi $30 per tahun. Masalahnya adalah lisensi saya belum habis jadi eman-eman kalo harus berpindah ke Speedy Protector sekarang.

Kalo ada yang gratis, kenapa harus bayar?

Betul.. Tapi untuk beberapa hal sepertinya petuah itu tidak sepenuhnya benar. Untuk produk yang menangani hal-hal sensitif alangkah baiknya Anda menginvestasikan sedikit dana untuk membelinya. Keuntungan yang kita dapat dari membeli produk Antivirus adalah keunggulan updating data, kemudian layanan support.

Berbeda jika menggunakan AntiVirus gratisan, seandainya terjadi sesuatu pada komputer kita, maka kita tidak bisa melakukan komplain kemanapun, karena biasanya sudah tercantum dalam disclaimer pada saat instalasi. Biasanya sih gak pernah dibaca, wong nginstallnya waton next-next-next finish tho? hehehe..

Kesimpulannya, menggunakan Internet dari Speedy kemudian menggunakan Speedy Protector yang merupakan AntiVirus resmi dari Speedy merupakan pilihan yang tepat.

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *