Categories
Tulisan

Sebuah Langkah Besar Menuju Perubahan

Akhirnya… Setelah menjadi pengangguran sampah negara selama 5 bulan, saya diterima kerja sebagai dosen di Universitas USM Semarang. Hari ini adalah hari pertama saya bekerja. Sebuah langkah besar yang saya lakukan dalam karier saya, bukan karena frustasi ga dapet kerjaan tapi karena mungkin hati saya ga bisa jauh-jauh dari mengajar. Selama 4 tahun bekerja profesional, ternyata dalam kesehariannya ga lepas dari kegiatan mengajar. Saya pernah bekerja di instansi Media dan Telekomunikasi, sekarang masuk ke dunia Edukasi. How lucky i am..

Sebetulnya saya sudah sering mengajar sejak jaman kuliah. Dimulai dari asisten instruktur yang tugasnya ya membantu instruktur untuk mengajar misale mbenerin skrip yang error, ditanya-tanya mahasiswa yang sebenere ga mudeng sama kuliahe tapi malu nanya sama instruktur, dll. Kemudian naik kelas jadi Instruktur, beberapa pelatihan PHP udah pernah tak jalani. Trus akhirnya jadi Instruktur pelatihan Internet yang rutin diselenggarin sama Telkom.

Kalo pembicara juga udah pernah, kalo ga salah udah 2 kali jadi pembicara yang diselenggarakan oleh Internet Club Unisbank, kalo temanya sih masih seputar dunia IT hehehe…

Tapi waktu itu saya belum kepikiran untuk menjadi dosen, saya pengennya kerja di kantoran dan dapet gaji gede. Alhamdulillah bisa kerja kantoran juga. Cuma semenjak saya ngelanjutin kuliah S2 di UGM, dimana temen-temen sekelas adalah dosen dan mereka sering cerita pengalamannya mengajar bikin saya tertarik untuk menjadi dosen. Sepertinya keahlian saya bisa lebih bisa berkembang kalo jadi dosen.

USM Semarang

Kampus ini adalah merupakan kampus swasta yang dimiliki oleh Yayasan Alumni Undip. Letaknya di Jalan Soekarno-Hatta Semarang, cukup mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Saat ini sudah memiliki 6 Fakultas untuk jenjang S1 dan 1 fakultas untuk jenjang S2. USM Semarang memang sedang berbenah dan saya rasa bakal menjadi Universitas besar dikemudian hari.

Saya bertugas di Fakultas TIK sebagai dosen TI. Di kampus ini terdiri dari jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Ilmu Komunikasi. Oh iya, USM udah punya stasiun radio lho! dan punya tower sendiri! Jangkauannya memang belum luas, ntar tak bikinin radio streaming ah supaya siarannya bisa sampe keluar negeri.

Baiklah.. Doakan saya supaya bisa menjadi dosen yang baik dan bisa mengajar dengan lancar. Kalo masalah kemringet sih sepertinya udah kutukan yang baru bisa lepas kalo harga Dollar bisa balik ke Rp 2000,00 lagi. Semangaaatt…

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *