Perbandingan Laptop dan Desktop

Komputer seakan sudah tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Terkadang, kita sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan harddisk besar untuk menyimpan file. Dilain waktu, kita juga ingin menonton film box office terbaru. Beberapa hari yang lalu, pas aku sama temen-temenku nongkrong di cafe, aku lihat ada orang yang sedang konsen di laptopnya. Aku yakin dia itu nggak sendirian, mungkin saja dia sedang bekerja sembari minum kopi, atau memang sedang bersantai setelah seharian bekerja.

Apapun pekerjaan kita, bisa dipastikan membutuhkan komputer. Entah itu laptop atau desktop. Tapi disini ada yang harus kita perhatikan dalam memilih diantara dua alat tersebut. Mobilitas adalah hal yang terpenting. Jika Anda seseorang yang sering bepergian, namun juga membutuhkan sebuah alat untuk menunjang pekerjaan Anda, maka laptop adalah pilihan terbaik. Jangan membeli desktop jika “Jalan-Jalan” adalah job-desc Anda.

Perbedaan utama laptop dan desktop adalah di sisi mobilitas, laptop bisa dengan mudah dibawa kemana-mana tapi desktop tidak. Hal terpenting lainnya adalah ukuran harddisk. Semakin besar ukuran harddisk, akan semakin banyak pula data yang bisa Anda simpan. Jika Anda seorang desainer grafis, maka Anda harus membeli komputer dengan kapasitas harddisk yang besar. Untuk ukuran standar, 80 GB bisa dijadikan pilihan utama. Tapi jika itu masih kurang, sekarang sudah ada harddisk berukuran 320 GB, 500 GB, atau 1 TB.

VGA card juga memiliki peran penting. Jika Anda seorang desainer, VGA adalah barang wajib. Tambahan, jika Anda seorang gamer, maka Anda juga butuh VGA yang berspesifikasi tinggi. Sekarang, beberapa laptop sudah dibekali dengan VGA Card yang cukup bagus karena harus menjalankan Windows Vista, salah satunya adalah laptop saya ini. Di sisi lain, Anda bisa dengan mudah meng-upgrade VGA card Anda jika menggunakan dekstop.

Harga merupakan komponen terakhir dan terpenting. Kalo Anda memiliki dana terbatas, tips terbaik adalah membeli komputer yang sesuai dengan kantong Anda, tidak usah memaksakan diri untuk membeli laptop atau desktop yang terlalu mahal. Hitung-hitunglah dulu budget Anda, kemudian baru tentukan pilihan Anda.

Leave a Reply