Aku Kena Vertigo

Udah beberapa hari ini aku nggak ngantor, tepatnya mulai hari Jumat kemaren. Jadi ceritanya Jumat pagi pas bangun tidur, tiba-tiba kok kepalaku rasanya muter-muter, pandangan juga muter-muter, trus rasa mual dan pusing langsung nyerang. Langsung aja merem lagi dan atur napas pelan-pelan supaya agak rileks dan nggak muntah.

Kondisi kayak gitu aku rasain cuma bentar sih, yaa sekitar 2 menit aja.. Tapi efeknya manteb banget! Sampe aku nggak bisa bangun dari kasur, bahkan untuk ngambil henpon aja susaaahh banget. Ya udah, akhirnya aku lanjutin tidur deh, dan tau-tau udah jam 9 pagi.. Telat deh, padahal ada jadwal meeting abis Jumatan.

Nah, pas mau ngambil henpon buat ngabari kantor kalo hari itu nggak bisa masuk, tiba-tiba sensasi yang aku rasain tadi pagi tu berulang lagi, untungnya henpon udah bisa keambil jadinya agak lega karena ada alat komunikasi yang bisa diandalin walopun kepala ini nggak bisa diajak kompromi.

Awalnya cuma dikira sakit pusing biasa aja, makanya nggak dibawa ke dokter. Tapi semakin lama dan malem kok semakin menjadi-jadi. Makan apa-apa jadi nggak doyan, akhirnya hari Sabtu aku tumbang lagi dan langsung dibawa ke dokter. Sampai dokter aku divonis VERTIGO.

Apa itu Vertigo? Menurut Wikipedia Indonesia, Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana sesorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.

Ada yang bilang juga kalo Vertigo itu gejala awal dari Stroke dan penyakit ini nggak bisa disembuhin. Wah, serem banget.. Sama dokter dibilangin kalo aku itu terlalu lelah dan stres. Hmmm.. kalo lelah sih iya, tapi kalo stres? Mungkin nggak sadar kalo stres ya? hihihi.. Jadi aku nggak boleh lama-lama di depan komputer dan perbanyak tidur supaya Vertigonya nggak kumat. Selain itu dikasih obat, kalo ga salah namanya Vertisile (lupa!), dan sekarang udah agak mendingan.

Trus dapet tips yang cukup baik dari Kaskus untuk mencegah gejala Vertigo, antara lain :

  • Tidurlah dengan posisi kepala yang agak tinggi
  • Bangunlah secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum kita berdiri dari tempat tidur
  • Hindari posisi membungkuk bila mengangkat barang
  • Hindari posisi mendongakkan kepala, misalnya untuk mengambil suatu benda dari ketinggian
  • Gerakkan kepala secara hati-hati jika kepala kita dalam posisi datar (horisontal) atau bila leher dalam posisi mendongak.

Hmmm… jadi intinya adalah.. istirahat yang cukup, minimal seimbang dengan pekerjaan yang dilakukan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja, karena tubuh itu bukan mesin yang bisa dipaksa untuk selalu bekerja.

Leave a Reply