Akhirnya Speedy Blokir Situs Penting

Berawal dari hari Sabtu yang lalu, ada laporan dari client kalo dia nggak bisa buka situs Youtube. Client mengira saya yang melakukan pemblokiran dari pusat, padahal cumi-cumi udah 1 minggu nggak saya utak-utik. Penasaran, aku cek untuk browsing ke Youtube. Ternyata dari komputerku pun nggak bisa buka Youtube.

Owh.. Youtube kena blokir.. Itu pikirku

Lagipula wacana pemerintah pusat yang akan memblokir Youtube sudah bergaung sebagai dampak meminimalisir penyebaran film Fitna yang menghebohkan itu. Jadinya yaa.. gimana lagi?

Client aku kasih tau kalo Youtube sedang kena blokir, jadi untuk sementara waktu blom bisa akses kesana. Untungnya kebutuhan untuk Youtube di kantor nggak terlalu penting. Jadinya nggak begitu menimbulkan masalah.

Kalo saya sih dengan make proxy yang bertebaran di Internet, masih tetep bisa akses Youtube dengan lancar. Jadinya intinya 2 hari yang lalu itu masih belum bermasalah dengan kami lah..

Apalagi sorenya hingga hari Senin malem blokir ke Youtube sudah dibuka, jadi ya nggak masalah.

Today

Dapet laporan lagi dari client, kalo Multiply dan Myspace ga bisa dibuka, trus saya juga ga bisa akses ke Rapidshare. Wah mulai ribet nih masalahnya.. Ternyata Speedy dipaksa Pemerintah untuk memblokir situs-situs yang diduga dapat membantu menyebarkan film Fitna.

Dari Detikinet tercatat ada 7 (tujuh) situs yang diblokir. Ketujuh situs tersebut adalah Youtube, MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak dan Themoviefitna.com.

Rupanya Pemerintah lebih suka cara efisien dan cepat. Tapi nggak memikirkan dampak. Ini sama saja membunuh nyamuk pake meriam! Nanti kalo Friendster juga menampilkan film Fitna, bakalan di blokir juga tuh. Dan pada akhirnya, Google juga akan diblokir gara-gara menampilkan hasil pencarian terhadap film Fitna. Sungguh ironis.

Bagaimana orang Depkominfo? Kalian punya staff yang jumlahnya ratusan, punya akses hingga root system di gateway IIX. Apa nggak bisa mencari solusi yang lebih tepat? Kok malah nanya ke blogger atau hacker. Lha kalian itu digaji buat apa? Buat cetingan? buat donlot bokep? buat akses situs-situs yang kalian blokir?

Kenapa nggak nanya sama Roy Suryo idola kalian itu? Dia pasti punya banyak solusi untuk hal ini. Bukankan dia pakar kalian? Ha? Ha? Ha?

Selamat datang Dunia Kegelapan….

Leave a Reply