Gran Paradiso on Linux Mint

Firefox 3- Gran Paradiso

Baru aja abis install Gran Paradiso di Linux Mint. Apa sih Gran Paradiso? Ini adalah code name dari Firefox 3 yang akan di launching beberapa bulan lagi. Dan kebetulan sekarang sudah keluar versi alpha-nya. Ini aku nyoba versi Alpha 8. Udah lumayan kok buat dicoba-coba.

Bagi pengguna Ubuntu, Gran Paradiso udah tersedia di server repository. Silakan unduh dan install. Mau pake apt-get install boleehh.. mau pake package manager juga bisa. Pesen saya, Firefox2 jangan di remove dulu, sapa tau ada error di Gran Paradiso, namanya juga masih alpha.

Kesan dan Pesan

Hmm…blom banyak perubahan yang terjadi disini, mungkin dari segi tampilan adalah jenis font yang digunakan. Di Linux Mint yang aku pakai ini, ternyata Gran Paradiso menggunakan font Serif, makanya kok tampilannya jadi beda.

Untuk fitur yang lain adalah ketika mengunjungi situs yang berjenis https. Di address bar akan menunjukkan alamat aslinya, kemudian diikuti alamat url https-nya. Contohnya adalah pas aku mau buka Gmail.

Firefox 3- Gran Paradiso

Trus hal yang paling mencolok adalah hilangnya tampilan pop-up “remember your password”. Sekarang option itu dipindah dibawah tab-tab. Jadinya nggak mengganggu tampilan. Selain itu, Gran Paradiso nggak nunggu respon kita untuk memilih. Jadi proses login akan tetap dilakukan meskipun kita belum memutuskan untuk “remember password” atau “never to this site”.

Firefox 3- Gran Paradiso

Selain itu masih ada fitur lain, yaitu “built in malware protection”. Dimana nanti user akan diperingatkan apabila nggak sengaja akan mengunjungi situs yang berpotensi jahat. Trus akan muncul tampilan ini.

Firefox 3- Gran Paradiso

Hmm.. segitu dulu deh.. Yang jelas sekarang ni aku mau nyoba-nyoba dulu.

Tinggalkan Balasan