Categories
Teknologi

BIO-Learning Alpha 0.5

Duh.. ternyata program kemaren yang BIO-Learning Alpha 0.3 masih gagal ketika aku tempatin ke CD. Entah kenapa drive W nggak bisa kebentuk. Trus kalo drive W nggak terbentuk ya webserver AMP juga nggak bisa jalan. Duuuuhhhh…

Sekitar jam 3 pagi tadi aku baru nyelesaiin BIO-Learning Alpha 0.4, dimana ternyata permasalahnnya di file Server_Start.bat (dah bisa nebak aku make server apa?). Kalo jalan di Harddsik ato Flashdisk khan format filenya biasa-biasa aja. Tapi begitu dipindah ke cd, semua file khan berubah jadi read only. Nah di file Server_Start.bat itu ada banyak variabel, jadinya ya mau nggak mau, semua variabel yang ada di situ aku delete. Jadinya yang harusnya nanti bisa milih mau make drive apa (selain drive W), untuk sekarang harus make drive W. Lha kalo udah ada drive W-nya? Mohon maap, drive W anda akan terhapus dengan paksa oleh program saya. Heheheh.. sekarang aku tau cara mendelete partisi dong.. (ya kalo itu emang bener, masih alpha sih..)

Nah, ternyata di BIO-Learning Alpha 0.4 masih ada error juga, akhirnya aku coba upgrade ke BIO-Learning Alpha 0.5 saat itu juga. Dan tepat jam 5:22 WIB tadi aku secara tegas menyatakan bahwa programku GAGAL!! huhuhuhu… ntah kenapa, sekarang Apache dan MySQL nggak mau jalan, PHP tentunya juga ikut-ikutan ngambek dong.. padahal aku dah sukses membuat drive W dan secara otomatis terhapus bila running program udah selese. Binguuuunggg.. Need assistance.

Jadi apakah Apache dan MySQL nggak bisa dijalanin di CD? apa harus di HD ato Flashdisk? kalo iya, mentahlah skripsiku.. bisa ngulang nih.. huhuhu ganti judul.. Padahal menurut logika(ku) sih bisa.. soalnya setelah program Server_Start.bat dieksekusi, akan tercipta drive baru (drive W), dan semua file web akan pindah kesana semua. Termasuk file Apache dan MySQL (meskipun masih mode read-only). Apa gara-gara read-only? Ah nggak juga, buktinya pas aku coba di HD dan Flashdisk dengan me-read-only-kan file Apache.exe dan mysql-opt.exe, server tetep jalan dengan smooth. Kenapa ya?

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *