Categories
Teknologi

BIO-Learning Alpha 0.3 Sudah Lahir

Akhirnya setelah berjuang selama 8 jam lebih, akhirnya BIO-Learning Alpha 0.3 telah lahir dengan selamat tadi pagi sekitar jam 9 pagi. Fiuh, akhirnya perjuangan yang sempet mandek di jam 2 pagi itu bisa selese juga. Tinggal nanti dikasih ke tempat yang seharusnya direncanakan.

Maksude apa tho??
Gini, aku khan lagi nyusun skripsi. Nah skripsiku tu bikin Program Bantu Belajar Biologi Dengan Media CD Berbasis PHP. Dan produk itu aku kasih nama BIO-Learning. Kenapa ada Alpha-nya? ya karena ni masih dalam proses pengembangan. Tadinya sudah melalui Alpha 0.1 dan Alpha 0.2. Nah kalo nanti malem sukses dipasang di CD dan nggak ada error baru bisa beranjak ke versi Beta, dan mudah-mudahan nggak ada masalah.

Sebenernya gimana sih nanti programnya? Jadi aku tu sebenere aku mau membuktikan bahwa sebenarnya kita bisa memindah Web Server ke lain media selain Harddisk. Biasanya khan kalo install Web Server yang bermetode WAMP (Windows, Apache, MySQL, PHP), kita masangnya di komputer yang segede bagong itu khan? Kalo yang punya laptop sih ndak masalh, lha yang nggak punya? Nah aku mau nunjukkin kalo kita bisa masang di selain media  komputer.

Untuk BIO-Learning Alpha 0.3 ini aku udah sukses memindahkan kedalam Flashdisk. Jadi dengan menggunakan Flashdisk, aku udah bisa nampilin software E-Learning ku kemana-mana, maksudnya aku bisa bawa websiteku secara utuh, dan begitu ada komputer yang belum ada webservernya (WAMP), cukup dengan masukin Flashdisk-ku, otomatis komputer itu bisa menjalankan BIO-Learning itu full dengan aplikasi PHP dan MySQL-nya. Bahkan untuk komputer (Windows) yang udah ada webservernya pun nggak masalah. Karena secara otomatis BIO-Learning akan menghentikan server itu dan gantian menjalankan server-ku.

Hmm.. kalo dikatakan udah sukses ya masih jauh, karena belom masuk tahap Beta, dimana nanti kemungkinan ada beberapa orang yang aku butuhkan untuk nge-tes BIO-Learning sebelum diujikan. Dan aku harap sih selain mencoba sebagai Beta Tester juga mau ngasih review terhadap BIO-Learning. Ada yang mau?

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *