Akhirnya Bisa Bikin W@P

Ceritanya tu aku dikasih job dari Kantor suruh bikin WAP Portal sebulan yang lalu. Nah, padahal aku tu buta sama sekali dengan yang namanya WAP, aku malah baru tau kalo bahasa dasarnya WAP itu WML.. hehehe… Alhasil aku harus belajar WML secara ngebut dan kilat nih. Pertama beli buku dulu, soalnya kalo nyari bahan di internet susah belajarnya, lagian aku jg gak tau apa yang harus dipersiapkan jadinya mau nggak mau harus beli buku dulu. Ada sekitar 3 buku aku beli demi nyelesain job ini.

Setelah beli, aku jadi tau kalo ternyata bikin WAP nggak semudah bikin web. Selama ini kalo bikin web khan tinggal coding aja, cukup install WAMP (Windows, Apache, Mysql, PHP) dan Web Browser (Mozilla Firefox) dah bisa dijadiin modal bikin website. Nah, kalo bikin WAP tu nggak semudah itu, karena aku musti ngeset Apache biar bisa support WML dan ekstensi-ekstensi lainnya. Selain itu aku juga harus install berbagai emulator untuk memastikan WAP yang aku bikin bisa berjalan sebagaimana mestinya. Ada 3 Emulator yang aku pake, yaitu M3Gate, OpenWave, dan WinWAP.

Setelah semuanya siap, aku mulai belajar dan mulai coding. Setelah berbagai rintangan dan error aku jumpai akhirnya tadi siang dah bisa diakses oleh HP merk Nokia, Samsung, dan Sony Ericsson. Untuk HP yang lain aku belum sempet nyoba jadi blom bisa nampilin merk disini. Dengan begini versi beta untuk WAP Gajahmada FM bisa dipastikan hampir berakhir. Tinggal finishing touch aja dikit. Dan diharapkan besok Sabtu udah mulai bisa di akses.

Tinggalkan Balasan