Siapakah orang yang paling mudah memberikan maaf? yang akan memberikan maaf meskipun sebenarnya kita sudah sangat menyakiti perasaan dia dan menyakiti hatinya. Trus dia akan selalu memberikan maaf meskipun kesalahan itu suatu saat akan kita ulangi lagi dimasa mendatang. Hebatnya lagi, dia akan memberikan maaf kepada kita semudah dia membalikkan telapak tangannya. Dan yang bikin menyentuh hati lagi, dia akan memberikan maaf meskipun saat itu kita belum minta maaf kepadanya.

Siapa orang yang sangat sabar, bijak, dan penuh perhatian itu? Orang itu sangat dekat dengan kita, karena dia adalah kedua Orang Tua kita. Ayah dan Ibu, Papah dan Mamah, Bapak dan Ibu, dan masih banyak lagi sebutan bagi mereka. Mereka adalah orang yang laing sabar dan mengerti dalam menghadapi segala kelakuan kita (sebagai anaknya), baik kelakuan yang membanggakan ataupun kelakuan yang bisa membuat mereka mengelus dada.

Sungguh mulia dan tinggi derajat Orang Tua, makanya jangan sekali-kali menyakiti hati Orang Tua, meskipun sebenarnya tidak akan ada Orang Tua yang tega membenci anaknya selain di Sinetron Indonesia. Mereka adalah contoh yang sangat dekat dan contoh yang sangat bagus dalam hal memaafkan dan mengampuni kesalahan anak-anaknya.

Ada tagline dari sebuah cerita yang cukup menyentuh hati :

“Aku sudah memaafkanmu, jauh sebelum kamu meminta maaf Nak..”

Hiks.. hiks..
Mumpung orang tua kita masih ada, cintailah mereka dan jangan sampai buat mereka merasa sedih atas segala tingkah laku kita yang aneh-aneh. Buat mereka bangga, jadilah anak yang sholeh, karena anak yang sholeh adalah bekal orang tua ketika beliau dipanggil Yang Maha Kuasa.

Published by Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *