Categories
Tulisan

Maaf, Sedang Dalam Perbaikan…

Seringkali kita melihat tulisan itu di beberapa tempat-tempat umum dan strategis. Misal kita lagi ke mall trus mau ke WC, eehh ternyata toiletnya lagi diperbaiki. Pas lagi butuh duit kita segera lari ke ATM terdekat.. tapiiii ATM-nya lagi rusak. Trus pas lagi mau makan ternyata restorannya dah tutup.

Kadangkala permintaan maaf tidak diucapkan secara langsung oleh yang bersangkutan. Tapi cukup dengan tanda dan tulisan, bahkan ada yang disampaikan lewat rekaman. Nah.. tetapi kenapa kita sering jengkel dengan semua permintaan maaf itu? Padahal mereka nggak melakukan kesalahan secara langsung kepada kita. Bahkan kenal ama kita pun enggak, begitu pula sebaliknya.. kita nggak kenal sama sekali dengan yang nulis pengumuman itu. Tapi kenapa ya, rasa sebel dan jengkel pas ada. Apalagi bila situasi dan kondisi kita seperti yang aku ceritain diatas.. (kebelet, butuh duit, dan kelaperan).

Cobalah, mumpung sekarang lagi bulan puasa.. coba untuk tidak gampang merasa jengkel, apalagi gara-gara masalah sepele yang mungkin “hanya” menggangu kenyamanan kita saja. Tidak sampai menyakiti kita. Ada kalanya kita harus mengalah dan memberikan maaf atas segala ketidaknyamanan yang terjadi di sekeliling kita. Ingat, kita adalah makhluk sosial yang tidak pernah sendirian. Mengambil tagline di buku Area X, “Kita Tidak Pernah Benar-Benar Sendirian”.

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *