Kapan Orang Kaya Menikmati Hartanya?

Kapan orang kaya benar-benar menikmati harta kekayaannya? Mungkin bagi kita yang hidupnya pas-pasan pasti menjawab dengan lantang dan cepat : “Setiap Hari”. Tapiiii sebenarnya tidak. Karena sebenarnya para orang kaya itu akan menikmati harta kekayaannya disaat dia sedang sakit. Lho? kok malah pas lagi sakit? Aneh khan?

Cerita ini adalah asli dan benar-benar terjadi. Tapi sayangnya yang mengalami bukan aku sendiri, tapi mas-ku yang sekarang ada di Jakarta. Dia di Semarang punya tetangga yang cukup kaya. Bisa dikatakan orang itu sangat kaya sehingga sampai bingung mau beli apa lagi. Rumah sudah sedemikan besarnya, padahal yang menghuni cuma beberapa orang saja. Trus dia juga punya beberapa delaer mobil, jadi untuk mobil malah bingung mau make yang mana. Jadi bisa disimpulkan kalo orang ini super kaya lah.. 😛

Nah, ceritanya suatu hari dia jatuh sakit. Dan ketika sakit itu dia dirawat di rumah sakit Singapura, seperti kebiasaan orang-orang kaya di Indonesia lah.. Dirawat di rumah sakit Indonesia dinyatakan usianya tinggal beberapa minggu saja, tapi ketika dibawa dan dirawat ke Singapura dia dinyatakan sehat kembali.

Akhirnya pulanglah dia ke Indonesia dan seperti umumnya di perumahan, tetangga sekitar pada ikut menjenguk untuk memastikan keadaan bahwa semuanya baik-baik saja. Termasuk juga ayah dari mas-ku itu (Pakde). Disela-sela pembicaraan, pakde nanya ke sang tetangga :

Pakde (PD) : “Pak, anda khan orang kaya.. sekarang saya mau tanya, kapan orang kaya seperti anda ini menikmati harta kekayaannya?”

Tetangga Kaya (TK): “Hmm.. kapan ya? Punya rumah gede, rasanya sepi.. nggak ada yang nemenin, make mobil.. baru keluar bentar dah kejebak macet, mau makan banyak.. kolesterol saya naik, mau beli mobil lagi.. saya punya dealer mobil dimana-mana.. Kapan ya Pak?”

PD : “Bingung khan? sebenarnya Bapak tu menikmati harta kekayaan bapak ini pada saat Bapak sakit seperti sekarang ini..”

TK : “Kok pas sakit?”

PD : “Lha iya lah.. Sekarang Bapak sakit dirawat dimana? trus kesana naik pesawat? Trus dirawat di ruang VIP? Trus diperiksa dokter pribadi? Trus dirawat sama suster cantik? Trus bisa beli semua obat yang dikasih? Trus tadi pulang naik pesawat lagi? Trus masih dianter make mobil khan dari bandara?”

TK : “Iya juga ya Pak?.. “

Nah begitulah.. Jadi jangan dikira kalo jadi orang kaya tu enak, karena bukan berarti mereka bisa menikmati harta kekayaannya dengan setiap saat. Bisa jadi dia malah bingung mau diapain duitnya biar abis.. ehehehe… Trus bagi kita yang belom kaya, nikmati harta kekayaan anda walaupun sedikit. Jangan lupa bersyukur kepada Tuhan, jangan sampai kita baru menikmati setelah dikasih sakit. Dan jangan lupa Menabung. Tabungan adalah salah satu rahasia orang kaya. Nggak aneh khan liat orang kaya punya banyak rekening?

Published by Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *