Ngopi Vietnam Drip

IMG_20150614_090504

Sudah beberapa bulan terakhir ini, saya kalo ngopi tidak menggunakan kopi instan. Ceritanya lagi seneng untuk membuat kopi sendiri walaupun belum sampai level hardcore yang harus grinding sendiri. Minimal sekarang sudah mulai meninggalkan kopi sachet yang (katanya) banyak mengandung bahan kimia itu. Lagipula, ternyata memang menikmati kopi yang masih fresh dan tanpa gula rasanya memang lebih nikmat. Selain itu rasa kopi yang dihasilkan juga lebih kuat dan lebih terasa enak di badan.

Saya membeli Vietnam Drip untuk ngopi sehari-hari. Bentuknya kecil, berbahan dari stainless-steel yang gampang perawatannya dan dibawa-bawa. Untuk kopi, saya pakai yang gampang saja (dan mudah ditemukan), Kalosi Toraja dari Excelco dengan tingkat keasaman dan body yang paling pas di lidah. Sedangkan untuk pemanis kalo pas butuh, biasanya saya kasih campuran susu fullcream dengan merk apapun. Seperti yang dibilang oleh Mas Pepeng Klinik Kopi, hindari penggunaan gula pada kopi.

Ngopi dengan Vietnam Drip pada dasarnya sangat mudah. Jadi alat itu terdiri dari beberapa bagian, kalo pas beli nanti akan diberikan tutorial penggunaan dan beberapa resep untuk variasi minuman, tapi yang saya sukai hanya resep kopi hitam dan kopi susu saja sih. Saya tidak tau nama-nama bagian alat tersebut, tapi menurut saya ndak perlu dihapalkan ah, wong gampang kok.

Pertama, saya masukkan susu sebanyak 40 ml / satu sachet susu fullcream ke dalam gelas. Kalo dirasa kemanisan ya bisa dikurangi. Kemudian masukkan 1 sendok makan penuh kopi ke bagian penampung Vietnam Drip, kemudian padatkan dengan tamper yang tersedia. Gunakan tutup dari Vietnam Drip untuk wadah di bawah supaya kopinya nggak tumpah kemana-mana. Kalo sudah siapkan letakkan alat di atas cangkir dan siapkan air panas. Kira-kira gambarnya seperti dibawah :

IMG_20150614_084347

 

Gambar diatas itu posisi penggunaan dari Vietnam Drip. Nantinya air panas akan dimasukkan dari bagian atas dengan sebelumnya membuka penutupnya. Tipsnya, tuangkan sedikit air panas kemudian diamkan selama 20 detik, lalu penuhi dengan air panas kemudian ditutup. Tunggu kira-kira 20 menit untuk prosesnya.

IMG_20150614_084528

Secara perlahan, kopi akan menetes dari Vietnam Drip ke dalam gelas. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, proses ini akan mencapai 20 menit. Jadi sabar saja, lanjutkan pekerjaan Anda.

IMG_20150614_090229

Nah, jika tetesan sudah berhenti maka tampilannya akan seperti gambar di atas. Warna kopi terlihat hitam dengan susu yang ada dibawahnya. Angkat Vietnam Drip kemudian tinggal diaduk kopinya saja, maka kopi nikmat siap dinikmati di sela-sela kesibukan Anda. Memang caranya manual, tapi nikmat. Jika ingin mencoba membuat Espresso, caranya masih sama, tapi tidak perlu menggunakan susu dan air panas yang dimasukkan hanya setengah dari wadah, rasa Espresso nggak kalah dengan buatan mesin kopi kok.

Untuk perawatan Vietnam Drip, cukup dicuci dengan air bersih saja tanpa sabun. Jangan pakai sabun apapun, cukup air saja ya.

 

 

Tinggalkan Balasan