Angkat Dagumu Barang Sejenak

SmartPhone di Indonesia, dengan jumlah pengguna terbanyak di Asia Tenggara menjadikan di sekeliling kita jamak ditemukan orang-orang yang sibuk berinteraksi dengan perangkat yang ada dalam genggamannya. Seakan-akan dunia ini tidak lebih menarik dibandingkan teks dan gambar yang terlihat pada layar 5 inchi itu. Salahkah? Tidak juga, teknologi ini tentu telah memberikan banyak manfaat yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Namun tentu saja, perlu ada batasan dalam penggunaan supaya tidak terlalu berlebihan.

Minggu lalu saya baru saja membubarkan satu kelas perkuliahan ketika melihat hampir sebagian besar mahasiswa sibuk menatap layar smartphone masing-masing ketika saya minta mereka untuk melakukan percobaan. Saya memang membebaskan mereka untuk menggunakan smartphone di dalam kelas, dengan harapan mereka bisa mencari referensi tambahan dari apa yang saya berikan di depan kelas. Tapi rupanya kebijakan saya keliru. Bisa jadi kelas saya membosankan sehingga lebih menarik melihat layar smartphone dibandingkan melakukan percobaan yang saya perintahkan.

Tapi hey, bukannya kuliah itu penting ya? Di luar sana banyak sekali orang-orang yang nggak punya smartphone dan pengen kuliah. Apalagi kuliah itu khan mempelajari bidang ilmu yang disukai, beda dengan sekolah yang wajib ikut sekolah. Kalo kuliah khan nggak wajib, datanglah ketika memang ingin datang. Semudah itu kok.

Jadi, angkatlah dagumu barang sejenak. Simpan smartphone-mu ketika berinteraksi dengan orang lain. Dunia ini tidak selebar layar 5 inchi kok.

Leave a Reply