Categories
Teknologi

URL Shortener Indonesia

sid

Layanan pemendek alamat url (url shortener) sebetulnya sudah menjamur, sebut saja bit.ly yang legendaris. Namun layanan tersebut berada di luar negeri sehingga untuk mengaksesnya perlu bandwidth internasional, padahal kita bisa saja membuatnya berada di Indonesia supaya cukup menggunakan jaringan IIX untuk pemanfaatannya. Lagipula skrip untuk membuat layanan ini cukup banyak, tinggal beli domain, install dan konfigurasi maka kita sudah langsung memilikinya. Tapi, tentunya butuh biaya yang tidak sedikit untuk membangun, ditambah lagi susah buat dikasih iklan.

Pandi, sebagai layanan pengelola domain memberikan solusi url shortener, namanya cukup sederhana yaitu S.ID. Tampilannya cukup sederhana dengan background lokasi destinasi di Indonesia. Penggunaan fiturnya juga mudah, hanya tinggal paste alamat url yang ingin dipendekkan kemudian kita langsung diberi alamat unik yang bisa dibagikan melalui social media. Layanan S.ID ini memberikan fitur member supaya bisa melihat statistik penggunaan.

sidosen

Nah, url unik yang diberikan itu ternyata bisa diedit. Selayaknya mainan baru, maka saatnya untuk ngetag nama seperti yang terlihat di atas hihihi…. Anda bisa membuka blog saya ini dengan url s.id/osen

 

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *