Categories
Teknologi

Berapa Lama Kira-Kira Kita Hidup?

populationio

Judulnya agak ngeri-ngeri sedap, berapa lama kita akan hidup? Ini tidak ada hubungannya dengan hal-hal religius, tapi semuanya berdasarkan data United Nation mengenai prospek harapan hidup seseorang di suatu negara [cite]http://esa.un.org/wpp/[/cite]. Data tersebut merangkum dari seluruh dunia kemudian melakukan analisis mengenai berapa lama kira-kira seorang warga negara dapat bertahan hidup. Misalnya nih, negara yang sedang dilanda perang akan menghasilkan angka harapan hidup yang kecil, kebalikan dengan negara yang damai.

Kebetulan saya sedang browsing Hacker News trus nemu startup Population.io yang memberikan data harapan hidup tadi dengan bentuk yang menarik. Menariknya karena semuanya ditampilkan dalam mode infografik, dimulai dengan diminta mengisi tanggal lahir, negara asal, dan jenis kelamin. Kemudian Population.io akan menyajikan data berdasarkan sumber data. Tampilannya bagus dan mudah dibaca.

Indonesia memiliki angka harapan hidup yang bagus, sekitar 70 tahunan lebih. Ini merupakan umur rata-rata ya, jadi dengan menggunakan layanan ini, kita bisa “memprediksi” kapan kita akan meninggal. Tapi hey! Ini ilmiah ya, harap jangan dibenturkan dengan agama dan religius. Karena tentunya yang namanya hidup itu masih ada di tangan Tuhan. Setidaknya, ada aplikasi yang menyajikan data dengan menarik.

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *