Bingung Memilih? Coba Bandingkan dengan Versus

versusdotcom

Layanan ini sudah pernah saya ulas pada akhir tahun 2012, saat itu Versus masih berupa versi Beta dan bernama VersusIO, selain itu VersusIO baru mampu untuk membandingkan ponsel saja. Sekarang, VersusIO sudah berubah nama menjadi Versus dengan alamat di versus.com. Layanan yang diberikan sudah berkembang, tidak hanya sekedar membandingkan ponsel saja, namun sudah mampu membandingkan perangkat gadget lain (headphone, game console, VGA card), kota, hingga membandingkan universitas. Sungguh luar biasa perkembangan Versus selama 2 tahun terakhir ini.

Versus merupakan implementasi kecerdasan komputer yang mampu memberikan analisis, hasil, atau kesimpulan yang dapat dimengerti secara mudah oleh manusia, kemudian dapat membantunya untuk menentukan pilihan. Ilmu seperti ini, bila diajarkan pada perkuliahan biasanya akan bernama mata kuliah Sistem Pengambilan Keputusan (SPK) / Decision Support System (DSS). Tujuan kita menggunakan komputer adalah supaya mempermudah hidup, bukan malah menyulitkan hidup apalagi sampai hidup kita memiliki ketergantungan terhadap komputer. Manusia adalah pengendali komputer, bukan sebaliknya.

Bila Anda belum pernah menggunakan Versus, saya sarankan untuk segera mencobanya kemudian rasakan kecerdasannya. Versus tidak hanya sekedar menyajikan data perbedaan antara perangkat yang dibandingkan, tapi juga memberikan kesimpulan bahwa perbedaan itu berpengaruh terhadap sesuatu hal. Pertanyaannya, siapakah yang menulis kesimpulan itu? Apakah administratornya? Tentunya selo sekali jika si admin yang menulis. Semua kesimpulan itu merupakan hasil dari analisis yang berasal dari pengolahan data oleh algoritma DSS yang ditanamkan pada sistem Versus. Jadi biarlah tampilan Versus itu simpel dan sederhana, tapi jika dibayangkan proses dibaliknya, pasti kata sederhana akan menjadi tidak sederhana lagi.

Sesuai dengan prinsip ilmu DSS [cite]http://en.wikipedia.org/wiki/Decision_support_system[/cite], bahwa sejatinya komputer berposisi sebagai alat yang hanya membantu manusia untuk menentukan pilihan hidupnya. Versus juga berlaku demikian, layanan ini tidak kemudian memberikan kesimpulan bahwa produk A lebih baik dari produk B. Versus menyajikan data dengan kesimpulan yang mudah dimengerti oleh manusia yang kemudian akan membantu manusia menentukan pilihannya. Jadi, bukan Versus yang menentukan yang terbaik, tetap di akhirnya, si manusianya yang akan menentukan pilihannya.

Jadi, jangan coba-coba untuk menentukan pilihan jodoh menggunakan Versus ya, apalagi kalo pacar aja belum punya, gimana bisa menentukan pilihan? Cari pacar dulu woy!

Tinggalkan Balasan