Categories
Teknologi

Install Aplikasi Android di BlackBerry 10.2

 

android-on-z10

Blackberry OS 10.2 sudah mulai jamak di Indonesia, apalagi setelah diluncurkannya Blackberry Z3 dengan codename Jakarta. Masalahnya adalah, jika kita punya perangkat smartphone dengan Blackberry OS 10 maka aplikasi yang tersedia di Blackberry World masih terbatas, belum sebanyak jika dibandingkan dengan Google Play atau iTunes. Ini bisa menjadi penghambat untuk menikmati Blackberry OS 10.

Sebetulnya artikel ini (lagi-lagi) sudah terlambat, soalnya saya sudah sering melakukannya di Blackberry Z10. Tapi tak apalah, daripada tidak sharing sama sekali *halah*

Jadi, mulai Blackberry versi 10.2 sudah bisa untuk menginstall langsung aplikasi Android tanpa perlu melakukan konvert ke eksetensi khusus Blackberry. Sebagai informasi, file Android itu ekstensinya .apk, sedangkan untuk Blackberry menggunakan ekstensi .bar. Nah, dulu sebelum versi 10.2, saya harus repot-repot melakukan konversi file .apk ke .bar. Tentu ini nggak praktis, dan saya merasa akan ada sesuatu yang hilang. Sekarang, hal itu tidak perlu lagi. Saya cukup download langsung file .apk dari Google Play, kemudian copy ke perangkat Blackberry, kemudian langsung klik untuk memulai instalasi.

Trus cara download file .apk dari Google Play caranya bagaimana? Ini memang agak tricky, karena Google Play mewajibkan kita untuk terhubung dengan perangkat supaya bisa mengakses Google Play, padahal perangkat yang kita miliki hanyalah Blackberry. Solusinya, saya menggunakan layanan dari Evozi yakni APK Downloader untuk langsung mendownload file .apk dari Google Play.

Cukup memasukkan URL aplikasi di Google Play ke dalam web APK Downloader, maka kita bisa langsung mendapatkan file .apk langsung dari Google Play. Kekurangannya tentu untuk masalah update aplikasi, karena perangkat kita tidak terhubung langsung dengan Google Play, maka jika ada update baru aplikasi, tidak akan ada notifikasi yang muncul. Solusinya saat ini biasanya saya rajin-rajin mengecek langsung ke Google Play apakah ada updatean terbaru untuk aplikasi tersebut.

Aplikasi yang sudah saya install dengan baik adalah Path, Waze, dan Instagram. Kebetulan ketiga aplikasi itu tidak tersedia di Blackberry World, mungkin hanya Waze saja yang tersedia itupun juga hasil convert. Maka lebih baik saya menginstall ketiga aplikasi itu langsung dari file .apk yang saya dapatkan dari Google Play.

Gambar saya ambil dari sini.

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *