Categories
Tulisan

Tiket Kereta Mudik dan Balik Lebaran 2014 Sudah Habis

kai-penuh

Iya, tiket dengan jadwal keberangkatan kereta yang prime time seperti mudik hari Jumat 25 Juli 2014 dan kembali hari Minggu 3 Agustus 2014 sudah habis terjual. Rute yang saya maksud adalah Jakarta – Semarang, tapi saya rasa untuk rute yang lain pun juga akan sama saja. Ini merupakan efek dari diterapkannya sistem penjualan online oleh PT KAI.

Betapa tidak? Tiket kereta sekarang sudah dapat dibeli dari berbagai tempat, tidak perlu mengantri atau bahkan menginap di stasiun untuk mendapatkan tiket. Selain itu, jumlah tiket yang dijual juga terbatas menyesuaikan kapasitas gerbong, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana masih ada tiket berdiri atau tiket tanpa kursi.

Jika melihat dari skrinsyut di atas, terlihat update terakhir adalah jam 00:32, artinya PT KAI hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk menjual tiket. Sekarang rebutan tiket levelnya sudah dinaikkan, tidak hanya sekedar di stasiun, tapi juga merambah ke Internet. Traffik yang tinggi membuat web KAI down selama masa periode penjualan dibuka. Susah dibuka dan nggak bisa kirim data adalah masalah yang selalu muncul di web KAI selama 4 tahun penyelenggaraan penjualan tiket online. Travel agent pun juga terkena getahnya, karena sistem yang digunakan oleh travel agent masih bergantung dengan API yang disediakan oleh KAI. Ketika sistem down, maka API juga ikutan down.

Mungkin nanti di tahun kelima (tahun depan) akan ada evaluasi sistem, sehingga saat terjadi lonjakan traffik pengunjung, sistemnya masih kuat melayani.

 

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *