Newsgator itu Aggregator, Jenderal !!!

UPDATE : Layanan ini sudah ditutup oleh Newsgator.

http://ple-q.com/it/newsgator-udah-gak-support-rss-reader-for-web.html

Hehehehe… ternyata udah lama aku nggak nulis tutorial lagi. Bukannya sok sibuk atau sok seleb biar tutorialnya selalu dinanti sama penggemar, tapi memang karena nggak tau mau nulis tutorial apaan. Ditambah lagi kapasitas otak yang pas-pasan dan mood yang angot-angotan semakin bikin tambah males untuk riset.

Nah, kali ini aku mau bahas lagi tentang Newsgator. Saya dulu pernah menulis tentang Newsgator ini, cuma masih sepintas aja dan sama-sekali nggak lengkap. Makanya, postingan ini aku anggap sebagai pelengkap postingan yang lama aja. Oke? Ya ya ya.. ini cuma alesan aja karena nggak ndapetin materi baru. Hihihihihi…

Oke, dimulai dari Aggregator. Apa sih yang dimaksud dengan Aggregator? Saya kutip dari Wikipedia ya..

In computing, a feed aggregator, also known as a feed reader, news reader or simply aggregator, is client software or a Web application which aggregates syndicated web content such as news headlines, blogs, podcasts, and vlogs in a single location for easy viewing. (http://en.wikipedia.org/wiki/Agregator).

Jadi intinya, kita bisa membaca isi website lain, dengan jumlah yang banyak, secara dinamis, dan up-to-date cukup dari satu jendela saja. Contoh penerapannya ada di blog saya ini, silakan klik halaman Aggregator yang nantinya Anda akan melihat dan membaca blog teman-teman saya cukup di satu tempat.

Keuntungannya apa? Ya tentu saja waktu dan bandwidth. Dengan mengunjungi satu halaman saja, saya bisa melihat blog siapa yang baru saja update, dan langsung ditampilkan sepotong tulisannya. Kalo saya tertarik, baru saya klik nama blognya dan langsung dibawa ke blog temen saya itu. Untuk bandwidth tentunya akan lebih hemat, karena saya hanya me-load satu halaman saja. Berbeda jika harus mengunjungi semua blog teman saya hanya untuk melihat apakah dia udah posting atau belum. Sangat membuang waktu dan bandwidth bukan?

Sudah mulai tertarik?

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Simpel saja.. saya menggunakan alat bernama Aggregator yang dipasang di blog saya ini. Untuk pengertian Aggregator sudah saya tulis diatas, jadi bagi yang masih bingung, silakan dibaca lagi. Nah.. Aggregator yang saya pakai ini bernama Newsgator, sebuah layanan gratis yang cukup powerful.

Newsgator membaca semua RSS dan Atom yang saya inputkan melalui admin panel, kemudian menampilkan hasil bacaannya kedalam halaman blog saya. Apa itu RSS? Apa itu Atom?

RSS is a family of Web feed formats used to publish frequently updated works—such as blog entries, news headlines, audio, and video—in a standardized format.(http://en.wikipedia.org/wiki/Rss)

The Atom Syndication Format is an XML language used for web feeds, while the Atom Publishing Protocol (AtomPub or APP) is a simple HTTP-based protocol for creating and updating web resources. (http://en.wikipedia.org/wiki/Atom_(standard)).

Intinya, RSS dan Atom itu adalah jenis file sindikasi yang pasti dimiliki oleh sebuah blog. Jadi bagi Anda yang punya blog, pasti Anda sudah punya RSS atau Atom tanpa anda sadari. Sedangkan untuk web developer, ada baiknya Anda membuat RSS file untuk website Anda supaya pengunjung bisa tetap memantau perkembangan website Anda.

Cara menggunakan Newsgator

Pertama yang harus Anda lakukan adalah Mendaftar. Ya bagaimana mungkin Anda menggunakan layanan Newsgator jika tidak mendaftar? Jangan khawatir, caranya sangat mudah dan gratis! Buka websitenya di http://newsgator.com.

Nah.. setelah melalui proses pendaftaran yang paling memakan waktu 10 menit saja (itu karena harus ngisi field, mikir username, mikir password, buka e-mail, nungguin loading, sama melototin monitor), lanjutkan dengan login dan akhirnya akan masuk ke halaman admin panel.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menambahkan RSS atau Atom blog teman-teman Anda dengan cara klik menu Add Feed yang ada di bagian atas.

Yang perlu dimasukkan hanyalah alamat blog teman Anda saja. Kalo Anda tau dimana posisi file RSS atau Atom-nya itu malah lebih baik lagi, tapi kalo gak tau, juga nggak masalah. Klik menu Add Feed untuk eksekusi. Anda bisa menambahkan sebanyak-banyaknya kedalam account Newsgator Anda, dan jangan khawatir layanan ini gratis.

Setelah puas menambah RSS ke dalam account Newsgator, langkah yang dilakukan selanjutnya adalah menampilkan ke dalam blog Anda. Nah, yang Anda perlukan sekarang adalah sebuah halaman kosong di blog. Tapi sampai sekarang saya masih belum tau bagaimana menambah halaman di Blogspot, kalo Anda pengguna WordPress sepertinya ini tidak menjadi masalah, cukup Add Page dari admin panel WordPress Anda.

Oke, setelah halaman siap kita kembali lagi ke admin panel Newsgator. Kali ini klik menu Settings yang ada di menu bagian atas, kemudian pilih Edit Location.

Silakan klik Headline untuk mengambil kode yang akan kita tempelkan di halaman blog Anda.

Ini adalah langkah terakhir yang akan kita lakukan. Anda cukup klik checkbox yang sudah saya lingkari itu, kemudian copy script yang tercetak tebal itu ke halaman blog Anda.

Tips dari saya, copy script itu ke dalam notepad dulu, baru kemudian copy lagi script yang ada di notepad ke dalam halaman blog Anda. Ini sering saya lakukan karena kadang kalo meng-copy langsung script dari Newsgator itu suka error. Mungkin ini tergantung dari kualitas amal dan perbuatan ya?

Nah.. kalo semua sudah dipasang, Anda sekarang sudah mempunyai halaman Aggregator sendiri.

Catatan :

Kalo Anda ingin menambah RSS lagi, cukup lakukan Add Feed saja. Anda tidak perlu mengatur Settings yang rumit diatas, karena itu hanya dilakukan satu kali saja.

PR: wait… I: 485 L: wait… LD: 4,830 I: 59 wait… Rank: wait… Traffic: wait… Price: wait… C: wait…

Leave a Reply