Categories
Teknologi

Membuka Attachment Winmail.Dat Secara Online

E-mail

Tadi siang ceritanya dapet e-mail dari salah satu client kantorku. Itu e-mailnya ditujukan kepada bagian marketing, tapi yang nerima malah aku. Nah, dari tempatku aku harus meneruskan e-mail itu kepada pihak marketing.. Capee deehh…

Masalahnya, setelah aku lihat isinya tu mempunyai attachment. Tapi attachment itu berbentuk file .dat. Namanya Winmail.Dat. Aku pikir itu file film, soalnya kalo vcd khan ekstensinya juga sama-sama .dat. Apalagi di kantorku khan sering banget nerima materi iklan buat disiarin sama penyiar.

Nah, biasanya kalo ada file-file berbentuk multimedia pasti aku burn ke cd supaya nantinya mempermudah dalam proses editing oleh bagian produksi. Tapi pas aku tes dengan Amarok dan Movie Player nggak bisa jalan. Tulisannya Cassandra-ku nggak support file itu, padahal aku sering nonton film di komputer ini.

Pas aku cari-cari di google ternyataaaaa…. itu bukan file film.

Winmail.dat itu adalah attachment file yang terkirim secara otomatis kalo si pengirim menggunakan Microsoft Outlook sebagai E-mail Client mereka. File ini mengijinkan pemakai Outlook untuk mengirimkan informasi TNEF, sehingga bisa menampilkan isi e-mail yang diformat tampilannya.

Nah masalahnya e-mail itu hanya bisa dibuka oleh sesama pengguna Outlook aja. Padahal aku khan nerima e-mailnya make Thunderbird, jadinya semua attachment itu dibundel jadi satu oleh attachment bernama Winmail.Dat.

Gimana cara bukanya? Gampang… banyak kok caranya..

Tapi ternyata kebanyakan harus make program yang diinstall ke mesin Windows.. Walaahhh.. nggak deh.. aku nggak mau nginstall Crossover hanya untuk jalanin program kayak gitu. Untungnya setelah brosing beberapa kali dan mengganti kata kunci untuk mencari di Google. Saya menemukan ini :

http://www.winmaildat.com/

Dengan menggunakan link diatas, kita bisa membuka file winmail.dat secara online dan langsung bisa mendownload file didalamnya. Trus kita juga bisa langsung menghapus file winmail.dat yang diproses.

Dari segi keamanan mungkin masih harus dipertimbangkan lagi, tapi setidaknya aku bisa menghemat banyak waktu untuk isi e-mail yang nggak begitu penting.

Referensi :

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *