Jakarta Banjir, Internet Lumpuh

Lagi-lagi internet di Indonesia terkena musibah. Setelah sebelumnya terkena dampak dari musibah gempa di Taiwan, kini datang lagi musibah berikutnya. Kalau di musibah pertama, mungkin “agak keren” yaitu GEMPA, musibah kali ini malah menurutku sangat memalukan. Apalagi kalo bukan musibah BANJIR di Jakarta.

Jakarta yang notabene adalah kota metropolitan, ibukota Negara, tempat semua pejabat penting bersemayam, tempat semua teknologi canggih ada disana, dan tempat dimana semua orang pinter ada disana. KOK MASIH KEBANJIRAN?

Udah gitu bikin semuanya terkena getah, mulai dari jaringan telpon terganggu, hosting IIX mampus semua, internet pada lelet, sampai karyawan kantor yang nggak bisa ngantor. Akhirnya yang rugi juga semua pihak, mungkin ada perusahaan di luar Jakarta yang sedang menunggu aproval, jadi tertunda gara-gara Customer Service nggak bisa ngantor. Atau yang paling keliatan ya beberapa website yang hosting di Gedung Cyber nggak bisa dibuka gara-gara infrastrukturnya kelelep.

dedi gunawan: internet ym tok iki isone
dedi gunawan: hari ini beberapa titik (kemacetan) lancar
dedi gunawan: telp masih lokal
dedi gunawan: browsing kada iso kadang orak
dedi gunawan: browsing e KO

Itu laporan dari mas dedi yang sekarang kerja di Jakarta. Sungguh ironis, kemana saja orang pinter atau pejabat nasional yang ada disana? hingga terjadi bencana yang seharusnya nggak perlu itu? Kalo udah gini semuanya akan saling menyalahkan. Pejabat menyalahkan rakyat karena suka buang sampah sembarang, rakyat menyalahkan pemerintah karena nggak ada tempat untuk buang sampah, dll.

Dan nanti pasti akan ada panggung debat atau panggung opini yang akan membahas bencana banjir. Tapi liat aja, paling isinya hanyalah mengkritik aja tanpa mencari solusi. Ada solusi-pun sifatnya hanya usulan, bukan si pemberi saran yang mengerjakan. Dan akhirnya hanyalah menjadi sebuah pepesan kosong. Biar saja, yang penting iklan masuk, mungkin begitu pikir perusahaan TV.

Kalo sudah begini, trus gimana?

Untungnya di kantor internetnya nggak ikutan mampus, berikut petikan press release dari IndosatM2

Seluruh layanan Internet IM2 jalan, baik yang melalui WiFi, hot spot maupun 3G,” papar Amin. “Layanan internet mobile (Mobile ISP) yang melalui Fren dan StarOne juga hidup semua

Jadi masih bisa nulis tulisan nggak penting dan nggak layak dibaca apalagi di komentari. Tapi kalo mau komentar ya silakan… 🙂

Leave a Reply