Categories
Teknologi

Belanja Online Dengan VCN BNI

Baiklah, ini memang postingan yang sudah termasuk terlambat. Layanan ini sudah diluncurkan oleh BNI sejak beberapa waktu lalu, saya pun sudah sering menggunakan fasilitas ini untuk membayar transaksi di Steam dan Agoda. Tapi hey! Tidak ada kata terlambat untuk berbagi pengalaman khan? *ahlesyan*

Oke, jadi ini tulisan tentang apa? Singkatnya tulisan ini bisa mengajak Anda untuk semakin rajin berbelanja online hahahaha.. Bagaimana tidak? banyak sekali konten digital yang tersedia di Internet, hanya saja untuk mendapatkannya terkadang kita harus membayar (dan membajak tentunya). Bayarnya pakai apa? Kartu kredit.

Kartu kredit memang menggiurkan, dengan gesek saja maka kita sudah bisa mendapatkan barang yang kita inginkan, dengan mengetik beberapa informasi yang ada di kartu kredit, kita sudah bisa membeli lagu, film, software, atau bahkan tiket penerbangan dan voucher hotel dengan mudah. Tapi hati-hati dengan selisih kurs yang ditetapkan oleh bank penerbit, saya pernah menulis mengenai selisih kurs pada kartu kredit.

Bagaimana dengan yang nggak punya kartu kredit? Atau mungkin limit kartu kredit sudah mencapai puncaknya? Atau bahkan nggak bisa bikin kartu kredit karena masalah administrasi? Masa kita nggak bisa menikmati Internet setara dengan pemilik kartu kredit? Nah, untuk hal ini BNI memberikan solusi cerdas dengan meluncurkan layanan BNI Debit Online, dengan produk yang bernama VCN (Virtual Card Number). Anda bisa baca keterangan lengkapnya langsung di halaman ini.

Review

Untuk menggunakan VCN, ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu Anda harus punya rekening BNI Taplus + SMS Banking. Kebetulan universitas menggaji saya dengan rekening BNI TAPA, maka saya selo bikin rekening BNI Taplus hanya demi pengen coba VCN. Selanjutnya untuk registrasi SMS Banking, cara paling mudah adalah saat membuat rekening BNI Taplus, langsung rekues aktivasi SMS Banking dan Internet Banking sekalian aja.

Untuk cara menggunakan layanan VCN ini, saya kasih skrinsyutnya saja biar lebih jelas dan nggak perlu ngetik banyak-banyak.

 

IMG_20140503_194701

Yang saya perhatikan, saat kita sudah mendapatkan VCN, jangan langsung digunakan. Tunggu sekitar 10-15 menit supaya nomor VCN yang barusan digenerate itu dikenali oleh payment system. Setelah itu, tinggal masukkan saja informasi VCN ke form yang tersedia. Bagaimana jika meminta informasi pribadi seperti nama, alamat, dll? Masukkan saja sesuai dengan data yang tercatat pada saat Anda membuat rekening BNI Taplus.

Berapa lama VCN ini berlaku? Menurut pengalaman, nomor VCN itu hanya berlaku 1 jam, ini merupakan solusi terbaik dan teraman menurut saya. Jadi saya tidak perlu khawatir untuk berbelanja online, yang perlu saya khawatirkan adalah jumlah saldo saja huhuhu..

Jika masih bingung silakan buka FAQ VCN

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *