Newsgator, Aku Make Ituh..

Hihihihihi….
Akhirnya aku ikut-ikutan mas Hericz yang masang Agregator di blognya. Tadine sih dah tau sejak lama banget, pastinya pas nge-add dia ke Blog-kuh. Tapi waktu itu aku nggak begitu ngeh sama yang namanya Agregator, apalagi yang namanya RSS atau Atom. Wah.. nggak ngerti blas lah sampe sekarang.. Sampai sekarang?? hehehe.. iya.. (gug-gug bodo)

Nah, berkat tulisannya Om Priyadi yang menyangkut-nyangkut tentang Agregator gituh, aku kok jadi pengen. Kalo Agregator sih udah ga asing buatku, soale aku sempet ikut konfigurasi punyanya Loenpia yang akhirnya dicopot. Nah, setelah cari-cari plugin dan bongkar pasang plugin. Sampai hari Rabu kemaren itu aku nggak bisa mendapatkan plugin yang aku cari.

Puncaknya ya tadi pagi. Sebelum pulang kemaren khan aku kirim e-mail ke mas Hericz, nanya dia make apa buat Agregatornya. Dan dikasih jawaban yang sungguh sangat memuaskan. Yaitu memakai Newsgator. Dengan tool ini aku bisa mengambil semua feed RSS atau Atom sebanyak yang aku inginkan dan semuanya dinamis. Trus ini bukan plugin, jadi semacam WebReader yang memakai konsep NewsFeed. (sok tau ah). Gimana cara masangnya?

Kalo mau nyoba masang Newsgator di blog anda, caranya gampang kok. Pertama masuk aja ke websitenya. Trus disana sudah terpampang jelas navigasi yang dibutuhkan. Yaitu Sign Up. Iya kita musti daftar dulu untuk menggunakan layanan ini. Jangan khawatir, prosesnya gampang kok. Gak lebih susah dari signup e-mail. Nah, setelah sign-up nanti akan masuk ke dashboardnya.Disinilah anda bisa menambahkan Feed RSS atau Atom sesuka anda. Nah, setelah itu anda masuk ke bagian setting untuk memilih mode tampilan. Mode tampilan yang ditawarkan dan disarankan ada 2 (dua, loro, two, kalih, dwi). Yaitu “Blogroll” dan “Headline”. Kalo aku sih make yang headline. Nah, klik satu dari itu, kemudia aktifkan. Disitu akan tersedia script javascript. Script itulah yang akan dimasukkan ke halaman anda. Udah deh.. secara garis besar kayak gitu deh caranya.. 😛

Jadi pada intinya, penginstallan agregator di blog-kuh sudah selesai..

Update (20Feb2009) :

Saya udah nulis update-an postingan ini, bisa dibaca disini.

Leave a Reply