Categories
Tulisan

Apa Kita Sudah MERDEKA??

Merdeka ala ID-Ubuntu

Sesuai dengan gambar yang aku ambil dari postingan mas Yulian di milis ID-Ubuntu itu, rasanya semakin menegaskan bahwa perjuangan kita untuk Indonesia memang tidak pernah belum selesai. (Buat para golongan Fakir Benwit, maap ya.. ukuran gambarnya 110 kb. Hehehe…)

Apakah kita sudah merdeka?

Rasanya kok agak malu mengucapkan kata-kata itu. Lihat saja, betapa Indonesia masih belum bisa lepas dari penjajahan negara lain. Betapa Indonesia yang kaya akan sumber daya alam tapi tidak mampu belum mampu untuk mengolahnya menjadi sumber energi yang berguna bagi negara sendiri.

Trus coba cermati. Dulu Indonesia adalah negara yang disegani. Sekarang? Dengan Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Thailand saja kita sudah tertinggal jauh dari semua hal. Tapi kenapa orang-orang di pemerintahan dan masyarakatnya sendiri nggak menyadari hal ini?

Rakyat menyalahkan Pemerintah karena nggak bisa meningkatkan taraf hidup. Sedangkan Rakyatnya sendiri nggak mau kurang mau berusaha sendiri untuk meningkatkan taraf hidupnya. Maunya nuntut aja! Pemerintah bukan Superman!!

Marilah… Kita renungi lagi.. Apa arti dari merdeka?

Semoga saya, dan kita… bisa merdeka pikirannya.. sehingga bisa terbuka pikirannya.. dan akhirnya bisa digunakan untuk berpikir setelah sekian lama nggak pernah dipake untuk mikir.

Merdeka !!!

By Mohammad Sani Suprayogi

Engineer & Lecturer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *